GAMBARAN TINGKAT STRES PADA SISWA SD KELAS 6 DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DI SDN 04 WANDANPURO BULULAWANG KAB.MALANG

Kumalasari, Veriska (2022) GAMBARAN TINGKAT STRES PADA SISWA SD KELAS 6 DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DI SDN 04 WANDANPURO BULULAWANG KAB.MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Covid-19 adalah penyakit yang berasal dari Tiongkok yang ditemukan pada akhir tahun 2019. Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya proses pembelajaran daring yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran. Pembelajaran daring menyebabkan anak mengalami stres. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat stres pada siswa SD kelas 6 dalam mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi di SDN 04 Wandanpuro Bululawang Kab. Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasinya adalah semua siswa SD kelas 6 di SDN 04 Wandanpuro sebanyak 42 orang. Metode sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 responden. Variabel yang diteliti adalah tingkat stres saat pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan pada 20-21 Mei 2022. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner PSS-C. Analisa data menggunakan analisa univariat (presentase). Hasil penelitian didapatkan hampir seluruhnya (37 responden atau 88%) memiliki tingkat stres yang sedang, dan sebagian kecil (5 responden atau 12%) memiliki tingkat stres yang ringan. Faktor yang mempengaruhi stres pembelajaran daring yaitu jenis kelamin, usia, jumlah saudara, kelengkapan orang tua dan kendala jaringan. Diharapakan siswa menambah wawasan terkait strategi koping dan meningkatkan strategi koping yang dimiliki terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19 karena dengan koping yang baik akan menjadikan siswa mampu menghadapi masalah yang akan menimbulkan stres.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Stres, Siswa, Pembelajaran daring, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:38
Last Modified: 05 Jun 2024 06:38
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item