PENINGKATAN KESEHATAN JIWA REMAJA BERBASIS GROUP THERAPY PADA ANAK JALANAN USIA SEKOLAH (6-12) TAHUN DI KAMPUNG TOPENG

Priasmoro, Dian Pitaloka and Ispriantari, Aloysia (2019) PENINGKATAN KESEHATAN JIWA REMAJA BERBASIS GROUP THERAPY PADA ANAK JALANAN USIA SEKOLAH (6-12) TAHUN DI KAMPUNG TOPENG. Technical Report. Poltekkes RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Anak jalanan adalah anak-anak berumur di bawah 16 tahun yang sudah melepaskan diri dari keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat terdekatnya, larut dalam kehidupan berpindah-pindah di jalan raya. Di berbagai sudut kota, sering terjadi anak jalanan harus bertahan hidup dengan cara-cara yang secara sosial kurang atau bahkan tidak dapat diterima masyarakat umum (Suyanto, 2010). Mereka disebut juga rentan karena resiko yang harus ditanggung akibat jam kerja yang sangat panjang, dari segi kesehatan pendidikan maupun sosial.Angka putus sekolah banyak dialami anak-anak usia sekolah (6-12) tahun. Padahal pada masa ini dikenal dengan fase berkarya vs rendah diri. Pada masa ini anak akan mengalami rasa kemandirian dan perasaan ingin terlibat dalam tugas yang diberikan. Termasuk pada anak jalanan, beban atau masalah yang dihadapi oleh orang tua seolah menjadi kewajibannya untuk diselesaikan. Hambatan atau kegagalan dalam mencapai tugas perkembangan tersebut dapat membuat anak merasa gagal dan rendah diri, dan pada akhirnya sering mengalami masalah emosi dan perilaku. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa sebagian anak-anak di kampung topeng sering merasakan jengkel, sedih, dan marah karena dipandang rendah dari lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, memberikan contoh atau simulasi dan memberikan kesempatan anak untuk mencoba. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juni 2019 di Kampung Topeng Kota Malang. Hasilnya anak-anak mengikuti kegiatan ceramah tentang kesehatan jiwa pada kelompok anak dengan sangat serius, anak bisa menjelaskan ciri sehat jiwa dan anak - anak dapat memberikan contoh bagaimana melaksakan group therapy. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa masalah emosi dan perilaku pada anak dan remaja merupakan masalah yang cukup serius karena berdampak terhadap perkembangan, serta menimbulkan hendaya dan menurunkan produktivitas serta kualitas hidup mereka. Melihat permasalahn tersebut tentunya anak perlu mendapatkan pertolongan baik dari guru, orang tua, maupun pihak lain yang peduli. Pelayanan kesehatan dalam keperawatan diberikan di samping melalui asuhan keperawatan juga dalam berbagai bentuk terapi baik bagi individu, keluarga dan kelompok. Berbagai terapi pada anak yang dapat diberikan perawat diberikan sesuai tahap perkembangan anak seperti terapi bermain, terapi lingkungan dan terapi kelompok.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 04 Feb 2020 05:31
Last Modified: 24 Aug 2023 07:04
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item