PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM JASA BOGA DI KOTA MALANG UNTUK MENINGKATKAN OMSET DI MASA PANDEMI COVID 19

Khudori, Ahsanun Naseh and Haris, M. Syauqi and Kusuma, Wahyu Teja (2021) PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM JASA BOGA DI KOTA MALANG UNTUK MENINGKATKAN OMSET DI MASA PANDEMI COVID 19. Technical Report. ITSK RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UMKM termasuk salah satu sektor yang paling terdampak dengan adanya covid-19. Banyak UMKM yang tidak menentu keberlangsungan usahanya karena adanya kebijakan pemerintah berkaitan dengan pencegahan penyebaran covid-19. Salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang Jasa Boga yaitu CV. Queen Abadi. CV. Queen Abadi berdiri sejak tahun 2010. Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak UMKM yang mengalami penurunan pendapatan secara drastis. Bahkan banyak yang mengalami kebangkrutan sehingga terpaksa gulung tikar. Hal itu pula yang dialami oleh CV. Queen Abadi. CV.Queen Abadi masuk dalam kategori usaha mikro dengan omset tahunan tahunan kurang dari Rp300.000.000. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, omset CV. Queen Abadi mengalami penurunan secara drastis pada kuartal pertama ditahun 2020. Sebelum pandemic covid-19, omset bulanan mencapai Rp5.000.000. Namun setelah adanya pandemic covid-19, omset mengalami penurunan hingga 70%. Menurut data dari Dinas Koperasi dan UMKM kota Malang, dari 70.000 UMKM yang ada saat ini, baru 30% yang sudah go online. Ini menjadi peluang bagi anak muda untuk dapat membantu UMKM untuk go online. Permasalahan utama yang dialami UMKM CV. Queen Abadi saat ini adalah kurangnya pengetahuan terkait pemasaran online (digital marketing). Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang telah dijabarkan sebelumnya, maka kami sebagai tim pengusul ingin memberikan solusi berupa pelatihan digital marketing bagi pihak manajemen CV. Queen Abadi. Kegiatan ini akan meningkatkan SDM dari lembaga mitra kegiatan dalam hal pemasaran online guna meningkatkan omset mitra dan keberlangsungan usahanya. Kegiatan ini akan menghasilkan modul digital marketing bagi UMKM jasa Boga di Kota Malang khususnya bagi CV. Queen Abadi.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Divisions: Informatics Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 24 Feb 2022 05:06
Last Modified: 24 Aug 2023 00:58
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item