GAMBARAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X DI SMKN PASIRIAN LUMAJANG

Utami, Jeva Santi Ningrum Cahya (2023) GAMBARAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X DI SMKN PASIRIAN LUMAJANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa SMK sebagai remaja yang mengalami masa perkembangan transisi dari masa anak menuju dewasa sehingga memiliki masalah terhadap keterampilan sosial. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran keterampilan sosial pada siswa kelas X di SMKN Pasirian Lumajang. Desain penelitian mengunakan desain deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 400 siswa di SMKN Pasirian Lumajang. Sampel penelitian sebanyak 80 responden dengan penentuan menggunakan Purposive Sampling yaitu hanya melibatkan siswa kelas X DKV,RPL,TKJ,TKR menjadi responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar kuesioner. Metode analisis data yang di gunakan yaitu uji univariat. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar 62 responden (77,5%) responden memiliki keterampilan sosial kategori sedang pada siswa di SMKN Pasirian Lumajang. Berdasarkan indikator keterampilan sosial diketahui bahwa sebagian besar 43 responden (53,8%) memiliki hubungan dengan teman sebaya kategori sedang, sebagian besar 46 responden (57,5%) memiliki manajemen diri kategori sedang, sebagian besar 48 responden (60,0%) memiliki kemampuan akademis kategori sedang, sebagian besar 42 responden (52,5%) memiliki kepatuhan kategori sedang dan sebagian besar 55 responden (68,8%) memiliki perilaku asertif kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial perlu ditingkatkan lagi sehingga seluruh siswa masuk dalam kategori tinggi. Diharapkan pihak sekolah memberikan edukasi tentang faktor lain yang mempengaruhi keterampilan sosial seperti lingkungan pertemanan dan dukungan teman sebaya.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, Siswa SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:29
Last Modified: 19 Jul 2024 01:29
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item View Item