GAMBARAN TINGKAT STRES DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA TINGKAT I PRODI D-III KEPERAWATAN ITSK Dr.SOEPRAOEN

Rochmawati, Tsaltsa Aulia (2022) GAMBARAN TINGKAT STRES DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA TINGKAT I PRODI D-III KEPERAWATAN ITSK Dr.SOEPRAOEN. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Stres yang ditimbulkan akibat perubahan metode pembelajaran dari tatap muka berganti menjadi pembelajran daring ini dirasakan oleh mahasiswa. Beberapa masalah yang terjadi saat pembelajaran daring menyebabkan mahasiswa merasa stres, seperti jaringan internet yang tidak stabil, paket data yang terbatas, dan banyaknya tugas dengan tenggang waktu yang singkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat stres dalam pembelajaran daring pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dekskriptif. Populasi seluruh mahasiswa tingkat I prodi D-III Keperawatan ITSK dr.Soepraoen sebanyak 142 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah sebagian mahasiwa tingkat I prodi D-III Keperawatan ITSK dr.Soepraoen sejumlah 80 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan metode consecutive sampling. Variabel penelitiannya yaitu tingkat stres dalam pembelajaran daring. Data yang diambil dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Juni 2022 sampai 20 Juni 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh (65 responden atau 81%) dalam kategori sedang, dan sebagian kecil (13 responden atau 16%) dalam kategori ringan dan (2 responden atau 3%) dalam kategori berat. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui gambaran tingkat stres dan dapat mengurangi stres dengan menerapkan teknik Self Talk Positive agar bisa berfikir positif dan membangun semangatnya sendiri untuk menuju perubahan yang diinginkan.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Tingkat stres, Pembelajaran daring, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RD Surgery
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:15
Last Modified: 05 Jun 2024 03:15
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item