GAMBARAN ACADEMIC BURNOUT SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MAHASISWA TINGKAT III PRODI KEPERAWATAN DI ITSK dr SOEPRAOEN MALANG

Nurwinda, Siti (2022) GAMBARAN ACADEMIC BURNOUT SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MAHASISWA TINGKAT III PRODI KEPERAWATAN DI ITSK dr SOEPRAOEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan pembelajaran melalui media daring, tetapi pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya terutama bagi mahasiswa daam bentuk Academic Burnout. Academic Burnout merupakan beban atau faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang diikuti mahasiswa sehingga menunjukkan keadaan kelelahan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran Academic Burnout selama pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa ITSK dr Soepraoen Tingkat III Prodi Keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ITSK dr Soepraoen Tingkat tiga Prodi Keperawatan yang menjalani pembelajaran jarak jauh sebanyak 234 mahasiswa dengan melibatkan 81 mahasiswa sebagai sample dengan menggunakan metode consecutive sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 29 November – 10 Desember 2021 dengan Alat ukur menggunakan lembar kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar (42 responden atau 52%) memiliki kategori sedang, (35 responden atau 43%) memiliki kategori tinggi dan sebagian kecil (4 responden atau 5%) memiliki kategori Academic Burnout rendah. Fenomena ini mungkin berkaitan dengan tuntutan universitas, harapan dan perilaku guru, ketegangan didepan mata kuliah dan kepribadian yang introvert. Modifikasi metode pembelajaran jarak jauh mungkin akan sangat diperlukan. Kombinasi antara pembelajaran daring dan luring diharapkan bisa mengurangi efek terjadinya Academic Burnout pada mahasiswa.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Academic burnout, Mahasiswa, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:22
Last Modified: 05 Jun 2024 03:22
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item