GAMBARAN INTERAKSI SOSIAL ANAK RETARDASI MENTAL DI KELAS INKLUSI

Sejati, Kurnia Pinta Damai (2020) GAMBARAN INTERAKSI SOSIAL ANAK RETARDASI MENTAL DI KELAS INKLUSI. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Retardasi mental merupakan suatu gangguan dimana fungsi intelektual dibawah normal (IQ dibawah 70) dimana seseorang mengalami gangguan perilaku adaptif sosial sehingga membuat penderita memerlukan pengawasan, perawatan, dan kontrol dari orang lain. Anak dengan retardasi mental mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata sehingga mengalami masalah dalam hal penyesuaian diri yaitu kesulitan dalam berhubungan dengan kelompok maupun individu di sekitarnya. Ketidakmampuan melakukan penyesuaian sosial mengakibatkan anak dengan retardasi mental tidak mampu melakukan interaksi sosial secara wajar. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana gambaran interaksi sosial anak retardasi mental di kelas inklusi. Penelitian ini menggunakan data sekunder karena keterbatasan penelitian. Data sekunder diperoleh dari hasil penelitian orang lain yang telah dipublikasikan berbentuk jurnal. Isi penelitian ini membandingkan 2 jurnal yang memenuhi kriteria menurut peneliti. Jurnal 1 mengunakan metode analitik dengan menggunakan descriptive study, teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh dan instrument menggunakan kuisioner terkait dengan peran orangtua dan kemampuan sosialisasi. Jurnal 2 menggunakan metode kolerasi, teknik pengambilan sampel dengan total sampling dan instrument menggunakan kuisioner. Analisis statistik menggunakan Spearmen Rho’s dengan kemaknaan α=0,05 Berdasarkan hasil didapatkan kesimpulan bahwa tingkat interaksi sosial anak retardasi mental di Jurnal 1 dengan jumlah 32 responden, interaksi baik sebanyak 15 (46,9%), Interaksi cukup sebanyak 17(53,1%), dan interaksi kurang sebanyak 0(0%). Jurnal 2 dengan jumlah 49 responden interaksi baik sebanyak 25(51,0%), interaksi cukup sebanyak 18(36,7%), dan interaksi kurang sebanyak 6(12,3%). Diharapkan guru dan keluarga untuk lebih aktif untuk membimbing danmendampingi anak retardasi mental agar mereka lebih mampu berinteraksi sosial tanpa hambatan.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Retardasi mental, Interaksi sosial, Inklusi, Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC31 Internal medicine > RC321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry > RC346 Neurology. Diseases of the nervous system > RC435 Psychiatry > RC569 Mental retardation. Developmental disabilities
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:20
Last Modified: 05 Jun 2024 03:20
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item