Zulfah, Indana (2020) LITERATUR REVIEW GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, keberadaan pelayanan kesehatan tersebut dipengaruhi oleh keberadaan unit pelayanan kesehatan itu sendiri, mulai dari kondisi fisik bangunan, kesediaan alat dan tenaga serta menejemen pelayanan termasuk di dalam nya mutu pelayanan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas dan menganalisis hubungan kepuasan pasien BPJS ataupun non BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan. Desain penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah pada jurnal 1 deskriptif dan jurnal 2 adalah kuantitatif survey analitik, populasinya pada jurnal 1 seluruh ibu hamil yang berkunjung ke poli ibu hamil sebanyak 429 orang pada jurnal 2 seluruh pasien rawat jalan pengguna BPJS sebanyak 1.038 orang. Metode sampling yang digunakan jurnal 1 accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 responden, dan jurnal 2 purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 104 responden. Variabel yang di teliti adalah mutu pelayanan kesehatan di puskesmas. Berdasarkan hasil telaah jurnal, dapat di ambil kesimpulan bahwa mutu pelayanan kesehatan di puskesmas pada jurnal 1 pada pasien BPJS kriteria baik sebanyak 63 orang (82,9%), Cukup sebanyak 13 orang (17,1%), Kurang sebanyak 0 orang (0%) dan pada pasien Non BPJS kriteria baik sebanyak 5 orang (17,2%), cukup sebanyak 24 orang (82,8%), kurang sebanyak 0 orang (0%). Sedangkan pada jurnal 2 didapatkan baik sebanyak 94 orang (90,4%), Cukup sebanyak 10 orang (9,6%), Kurang sebanyak 0 orang (0,0%). Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya peningkatan pelayanan kesehatan terhadap pasien BPJS ataupun non BPJS terutama untuk memberikan pelayanan dan perhatian kepada pasien yang datang untuk berobat.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu pelayanan, Pelayanan kesehatan, Masyarakat |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Dysa Putri Azizah S.IP |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:22 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1447 |
Actions (login required)
View Item |