LITERATUR REVIEW GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS

Zulfah, Indana (2020) LITERATUR REVIEW GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, keberadaan pelayanan kesehatan tersebut dipengaruhi oleh keberadaan unit pelayanan kesehatan itu sendiri, mulai dari kondisi fisik bangunan, kesediaan alat dan tenaga serta menejemen pelayanan termasuk di dalam nya mutu pelayanan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas dan menganalisis hubungan kepuasan pasien BPJS ataupun non BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan. Desain penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah pada jurnal 1 deskriptif dan jurnal 2 adalah kuantitatif survey analitik, populasinya pada jurnal 1 seluruh ibu hamil yang berkunjung ke poli ibu hamil sebanyak 429 orang pada jurnal 2 seluruh pasien rawat jalan pengguna BPJS sebanyak 1.038 orang. Metode sampling yang digunakan jurnal 1 accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 responden, dan jurnal 2 purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 104 responden. Variabel yang di teliti adalah mutu pelayanan kesehatan di puskesmas. Berdasarkan hasil telaah jurnal, dapat di ambil kesimpulan bahwa mutu pelayanan kesehatan di puskesmas pada jurnal 1 pada pasien BPJS kriteria baik sebanyak 63 orang (82,9%), Cukup sebanyak 13 orang (17,1%), Kurang sebanyak 0 orang (0%) dan pada pasien Non BPJS kriteria baik sebanyak 5 orang (17,2%), cukup sebanyak 24 orang (82,8%), kurang sebanyak 0 orang (0%). Sedangkan pada jurnal 2 didapatkan baik sebanyak 94 orang (90,4%), Cukup sebanyak 10 orang (9,6%), Kurang sebanyak 0 orang (0,0%). Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya peningkatan pelayanan kesehatan terhadap pasien BPJS ataupun non BPJS terutama untuk memberikan pelayanan dan perhatian kepada pasien yang datang untuk berobat.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan, Pelayanan kesehatan, Masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:22
Last Modified: 05 Jun 2024 02:22
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item