GAMBARAN STRESS AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI-19

Irliana, Mery Wahyuni (2022) GAMBARAN STRESS AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI-19. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran stres akademik mahasiswa keperawatan ITSK RS. Dr. Soepraoen selama pembelajaran online dimasa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tingkat 3 Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang. Dari 232 mahasiswa diambil sampel sebanyak 60 mahasiswa berdasarkan teknik proportional cluster random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah Kuisioner Perception of Academic Stres Scale (PAS). Hasil penelitian didapatkan mengenai gambaran stress akademik mahasiswa keperawatan selama pembelajaran online dimasa pandemi covid- 19 menunjukkan hasil bahwa sebagian besar responden mengalami stress akademik cenderung tinggi. Hal ini bisa dilihat pada data tingkat stres rendah 3 responden atau 5%, tingkat stres sedang 32 responden atau 53%, tingkat stres tinggi 25 responden atau 42%. Jadi bisa disimpulkan cukup banyak mahasiswa yang mengalami stress saat mengikuti pembelajaran online. Saran yang dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah bagi responden diharapkan hasil penelitian ini dijadikan sumber informasi. Juga diharapkan responden lebih fokus lagi dalam melaksanakan perkuliahan secara daring dan harus bisa membiasakan diri dengan system perkuliahan yang diberlakukan saat ini. bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan subjek yang lebih banyak dan tersebar diseluruh fakultas untuk menambah sumber informasi, bagi tempat penelitian dalam proses pembelajaran daring disarankan kepada fakultas untuk lebih memperhatikan mahasiswa dan membuka konsultasi untuk menerima keluhan mahasiswa selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik ,Mahasiswa ,Pembelajaran online, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 05 Jun 2024 01:36
Last Modified: 05 Jun 2024 01:36
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item