Saputri, Rika Widya (2022) LITERATURE REVIEW: FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (594kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Faktor Penyebab Terjadinya Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit: Rika Widya Saputri ;205107; 68 halaman; Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Institut Teknologi, Sains dan Kesehatan RS Dr. Soepraoen Malang Penyelenggaran fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit mempunyai karakteristik dan organisasi yang sangat kompleks ditambah dengan ditetapkannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam pelaksanaan jaminan kesehatan, klaim pembayaran tidak dibayarkan oleh pemerintah, tetapi diserahkan pada pihak BPJS Kesehatan. Di Indonesia terdapat banyak sekali Rumah Sakit yang mengalami keterlambatan klaim banyak kasus permasalahan perselisihan setiap bulannya, hal ini menyebabkan ditundahnya klaim dan keterlambatan pembayaran. Dampak dari keterlambatan klaim yaitu akan mepmpengaruhi mutu yang ada di rumah sakit. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor keterlambatan klaim BPJS di rumah sakit. Metode penelitian ini adalah penelitian literature review, pencarian artikel menggunakan database dengan membandingkan artikel satu dengan yang lainnya berdasarkan pada faktor 5M (Man,Money, Method, Machine, dan Materials).Jumlah artikel yang diperoleh adalah 10 artikel yang tediri dari artikel nasional dan internasional. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlambatan klaim BPJS berdasarkan pada sumber daya manusia (Man),uang (money) (Method), sarana dan prasarana (Machine), dan kelengkapan (Materials). Pada faktor sumber daya manusia (Man), terdapat kekurangan petugas dalam pengajuan klaim BPJS dan pengetahuan petugas yang kurang terkait dengan klaim BPJS. Pada faktor uang (Money) tidak memiliki anggaran khusus untuk menunjang sarana dan prasarana yang berkaitan dengan proses klaim prosedur. Pada faktor prosedur (Method), masih belum adanya SOP terkait dengan klaim BPJS. Pada faktor sarana dan prasarana (Machine), jaringan internet yang mengalami error, prasaran yang belum memadai, dan komputer yang sering down. Pada faktor kelengkapan (Materials), terjadi ketidaklengkapan pengisian berkas rekam medis pasien. Kesimpulan yang dapat diambil dengan upaya perbaikan yang dapat dilakukan ialah memperbaiki jaringan secara berkala, pengajuan pembuatan SOP terkait dengan klaim BPJS, dan mengadakan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi petugas terkait dengan klaim BPJS. Saran yang perlu dipertimbangkan oleh pihak terkait adalah mengadakan pelatihan sesuai dengan bidangnya sehingga dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuan terkait dengan pengajuan klaim BPJS, memiliki anggaran khusus untuk menunjang sarana dan prasarana yang berkaitan dengan proses klaim prosedur ,serta membuat SOP terkait dengan pengajuan klaim BPJS sebagai acuan petugas dalam melaksanakan pengajuan klaim
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BPJS, Keterlambatan pengajuan |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:48 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:48 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2561 |
Actions (login required)
View Item |