GAMBARAN TINGKAT STRES GURU PENGAJAR TENTANG PERUBAHAN SISTEM MENGAJAR DARI KONVENSIONAL MENJADI METODE DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN POLOWIJEN KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Riski, Eva Dwi (2021) GAMBARAN TINGKAT STRES GURU PENGAJAR TENTANG PERUBAHAN SISTEM MENGAJAR DARI KONVENSIONAL MENJADI METODE DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN POLOWIJEN KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya pandemic merubah system pembelajaran, perubahan itu menyebabkan stress bagi guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat stres guru SD menghadapi perubahan sistem mengajar dari konvensial menjadi metode daring selama pademi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasinya adalah semua guru Sekolah Dasar Negeri 1-3 di Kelurahan Polowijen berjumlah 32 orang. Dengan jumlah sampel 32 responden. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir setengah responden memiliki tingkat stres sedang sebanyak 13 orang (40,6%), dan sebagian responden memiliki tingkat stres ringan sebanyak 9 orang (28,2%). Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu responden memiliki tingkat stres sedang dalam menghadapi perubahan sistem mengajar dari konvensional menjadi metode daring selama masa pandemi. Hal ini disebabkan karena usia, jenis kelamin, faktor yang mempengaruhi stres, penyebab stres, pendapatan dan pendidikan. Melihat hasil penelitian ini diharapkan responden dapat melakukan konsultasi psikologis, melakukan teknik relaksasi guna mengurangi kecemasan. Dan diharapkan bagi instansi pendidikan untuk dapat memberikan apesiasi dan hiburan kepada guru yang telah mengajar dengan keras agar dapat mengurangi tingkat stres.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Guru SD, Pandemi covid-19, Tingkat stres
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:58
Last Modified: 08 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item View Item