GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE BAGI KESEHATAN FISIK DAN MENTAL

Maulidya, Rizky Dinda (2020) GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE BAGI KESEHATAN FISIK DAN MENTAL. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Game online adalah permainan dimana banyak orang dapat bermain pada waktu yang sama melalui jaringan komunikasi online serta menggunakan jaringan internet. Fenomena bermain game online secara berlebihan sebagian besar terjadi dikalangan remaja. Mereka bermain game online dengan alasan sebagai hiburan, tanpa mereka sadari waktu yang mereka perlukan dengan keluarga semakin berkurang sehingga berdampak juga pada prestasi yang semakin menurun, kesehatan fisik dan mental mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan remaja tentang dampak negatif game online bagi kesehatan fisik dan mental. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif yang dilakukan di Warnet Yusuf Kecamatan Blimbing Kota Malang pada tanggal 13 - 26 Januari 2020 dengan populasi rata-rata perbulan sejumlah 150 remaja dan sampel sejumlah 75 remaja. Sampling yang digunakan accidental sampling. Alat ukur kuesioner serta analisa data berupa coding, scoring, tabulating, persentase. Hasil penelitian menunjukkan hampir setengahnya memiliki pengetahuan kurang sebanyak 32 responden (43%), baik sebanyak 22 responden (29%), dan cukup sebanyak 21 responden (28%). Hasil tersebut dimungkinkan karena faktor yang mempengaruhi pengetahuan yaitu usia, pendidikan, dan sumber informasi. Melihat hasil penelitian ini, diharapkan remaja lebih aktif mengikuti kegiatan penyuluhan agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang dampak negatif game online bagi kesehatan fisik dan mental.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Remaja, Game online, Kesehatan fisik, Mental
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:04
Last Modified: 04 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item