TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP DIMENSI MUTU PELAYANAN TEMPAT PENDAFTARAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK HUSADA BUNDA MALANG

Zulianafisa, Sayyidah (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP DIMENSI MUTU PELAYANAN TEMPAT PENDAFTARAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK HUSADA BUNDA MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS. dr Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan yang baik dari suatu Rumah Sakit akan membuktikan bahwa Rumah Sakit tersebut bermutu baik. Pelayanan kesehatan bermutu yaitu yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien agar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit dengan melakukan pelayanan prima (Wildani et al, 2020). Tempat pendaftaran pasien merupakan tempat pertama yang dirasakan oleh pasien sebelum menerima pelayanan. Berdasarkan Kepmenkes RI Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit pada rawat jalan untuk indikator waktu tunggu pelayanan rawat jalan yaitu 60 menit dimulai dari pasien mendaftar sampai diterima atau dilayani oleh dokter spesialis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dimensi mutu pelayanan tempat pendaftaran rawat jalan yang meliputi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (empathy), dan penampilan (tangible) terhadap kepuasan pasien. Dengan sampel pasien rawat jalan yang berjumlah 94 responden berdasarkan rumus slovin dan menggunakan random sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei dan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner terhadap pasien rawat jalan sebagai responden. Serta menggunakan uji regresilinier. Dari hasil pengolahan data menggunakan uji regresi linier diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 , maka dengan p<α (α=5%)= Ho ditolak. Artinya secara serentak variebel bebas independen (dimensi mutu pelayanan) berpengaruh terhadap variable dependent (kepuasan pasien)

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan rawat jalan, Tingkat kepuasan
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Medical Records And Health Information Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 30 May 2024 07:45
Last Modified: 30 May 2024 07:45
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item