HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES RS DR, SOEPRAOEN MALANG

Sulistiyah, Sulistiyah and Keswara, Nila Widya and Setiyani, Nanda and Rivaldi, Figo (2019) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES RS DR, SOEPRAOEN MALANG. Technical Report. Poltekkes RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Belajar merupakan usaha secara sengaja yang dilakukan oleh individu atau peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungannya untuk mendapatkan perubahan tingkah laku baik kognit, afektif, maupun psikomotorik. Besarnya minat remaja terhadap pendidikan sangat dipengaruhi oleh minat mereka terhadap pekerjaan. Mereka lebih menaruh minat pada pelajaran-pelajaran yang nantinya akan berguna dalam bidang pekerjaan yang dipilihnya.Kedisiplinan adalah salah satu faktor penting dalam pembelajaran. Mahasiswa yang kurang berprestasi bukan hanya di sebabkan oleh faktor kemampuan. Namun bisa juga di akibatkan karena tidak adanya kedisiplinan. Jika mahasiswa tidak memiliki minat dan motivasi yang tinggi, maka akan sulit baginya mewujudkan suatu kedisiplinan belajar yang baik. Prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang. Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Di Prodi keperawatan belum pernah dilakukan penelitian tentang minat belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa semester II prodi Keperawatan Poltekkes RS dr Soepraoen Malang. Jumlah sampel 214 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi. Analisa data dengan menggunakan Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar responden sebagian besar atas kemauan sendiri atau internal sebanyak 118 responden (55.1%), dan tingkat kedisiplinan responden dalam belajar sebagian besar sangat baik sebanyak 157 responden (73.4%) serta sebagian besar prestasi belajar responden memiliki prestasi sangat memuaskan sebanyak 73 responden (34.1%) dan sebagian kecil dengan prestasi kurang memuaskan sebayak 17 responden (7.9%). Dari hasil uji Analisa didapat nilai dari Chi-Square adalah 19,009 dan p-value<0,0015 sehingga dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar. Serta 11,109 dan p-value<0,0025 dengan karena nilai p-value<0,05 dengan taraf signifikansi 5%, terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar, sehingga H1: Terdapat hubungan antara minat belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi mahasiswa semester II Prodi Keperawatan Poltekkes RS dr Soepraoen Malang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengetahui pentingnya minat belajar yang berasal dari diri sendiri. Minat yang kuat akan menimbulkan usaha yang gigih serius dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi tantangan,sehingga tingkat keberhasilan prestasi belajar memuaskan sesuai dengan cita-cita yang diharapkan. Kata Kunci : prestasi belajar, minat belajar, disiplin, mahasiswa

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, minat belajar, disiplin, mahasiswa
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:03
Last Modified: 24 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item