Wardani, Devi Helmaliyana (2023) WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BARENG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (936kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (577kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (916kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tempat penerimaan pasien merupakan tempat pertama dimana pasien bertemu dengan petugas, dan petugas pendaftaran rawat jalan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pasien sehingga merasa puas atas pelayanan yang telah diberikan. Kualitas pelayanan dapat menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, yang dimana satu sisi dapat menimbulkan kepuasan setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata populasi.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, variable penelitian ini yaitu waktu tunggu dan kepuasan pasien, sampel dalam penelitian yaitu 95 pasien Puskesmas Bareng.Hasil penelitian ini diketahui bahwa waktu tunggu pasien di Puskesmas Bareng yang diperoleh dari 95 pasien, maka didapatkan hasil pasien merasa “cepat” 56 pasien dengan presentase 53%, merasa “lama” 5 pasien dengan presentase 5%, dengan ini pasien merasa pelayanan yang ada di Puskesmas Bareng merasakan puas. Ada 70 responden dewasa dini (74%) puas dan 23 responden dewasa madya (24%) sangat puas dengan pelayanan di Puskesmas Bareng. Adanya hubungan antara waktu tunggu yang terdiri dari kepuasan pasien dengan nilai 0,002 terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Bareng Malang, Pasien Puskesmas Bareng memiliki tingkat kepuasan yang relative tinggi. Kesimpulan yang dapat di hasilkan dari observasi peneliti yang telah dilakukan di Puskesmas Bareng Malang yaitu adanya hubungan dari kepuasan dan waktu tunggu tersebut, dan saran yang dapat di sampaikan peneliti dapat terus meningkatkan mutu agar pasien selalu merasa puas dengan pelayanan di puskemas.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waktu tunggu, Pasien, Puskesmas |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:06 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:06 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2728 |
Actions (login required)
View Item |