Marchely, Erika Anabilla (2023) TINJAUAN PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN RAWAT INAP STUDI KASUS: RUMAH SAKIT BHIRAWA BHAKTI MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (628kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Klaim merupakan pengajuan pelayanan kesehatan atas biaya pengobatan pasien peserta BPJS Kesehatan yang akan diproses secara kolektif dan ditagihkan kepada BPJS Kesehatan. Pending klaim BPJS Kesehatan merupakan pengembalian pengajuan berkas klaim yang dimana berkas yang diajukan belum memenuhi ketentutan yang telah dibuat.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualilatif dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian dengan observasi dan wawancara mendalam kepada kepala casemix, dokter verifikator dan koder.Dalam pelaksanaan pengajuan klaim BPJS Kesehatan rawat inap di rumah sakit Bhirawa Bhakti Malang masih terdapat kendala sehingga mengakibatkan pending klaim yang disebabkan karena adanya miss komunikasi, ketidaklengkapan dalam pengisian berkas, kurang tepatnya pengisian kode diagnosis dan tindakan dan peraturan yang sering berubah-ubah sehingga membuat petugas menyesuaikan dan mengecek ulang berkas. Dalam mengajukan berkas klaim, apabila ditemukan berkas persyaratan tidak lengkap besar kemungkinan terjadi pengembalian berkas klaim sehingga dapat merugikan rumah sakit karena memperlambat proses pembayaran klaim. Aliran kas rumah sakit terganggu akibat permasalahan dalam pembayaran klaim. Permasalahan proses klaim juga mempengaruhi kegiatan operasional rumah sakit sebagai akibat dapat tidak tercukupinya data yang diperlukan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka terjadinya pending klaim yaitu melakukan evaluasi kepada seluruh petugas casemix secara berkala dan meningkatkan kinerja kepada seluruh petugas casemix sesuai dengan jobdesknya.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rawat inap, BPJS |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:18 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2504 |
Actions (login required)
View Item |