HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PMIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PINDAD TUREN

Fahlevi, Muhammad Reza (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PMIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PINDAD TUREN. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hubungan antara komunikasi efektif dan kepuasan pasien dalam mutu pelayanan di rumah sakit Pindad Turen sebagai fasilitas layanan kesehatan yang menyediakan perawatan rawat jalan, berupaya untuk memahami dampak komunikasi dalam memengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatid, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner sebanyak 70 yang diberikan keoada pasien rawat jalan yang telah mengalami proses pendaftaran di rumah sakit tersebut. metode penelitian menggunakan uji perhitungan chi-square. Pada hasil frekuensi kepuasan pasien di RS Pindad Turen di dapatkan hasil sebagian besar 82,86% atau sebanyak 57 orang cukup puas. Sebagian kecil mendapatkan hasil 0 sehingga dapat disimpulkan pasien rata-rata cukup puas akan pelayanan di rumah sakit Pindad Turen. Analisis uji perhitunggan Chi-Square diperoleh nilai asymp. Sig sebesar 0,000<0,05 dan hasil analisa didapatkan r hitung 0.884 < r tabel 0,065 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan taraf hubungan signifikan a - 0,05(nilai x2 hitung > x2 tabel) sesuai dengan hasil dari SPSS IMBS 25. Dari data tersebut dapat disimpulkan adanya hubungan antara komunikasi efektif dan kepuasan pasien. Pasien yang merasa mereka menerima komunikasi yang jelas dan reponsif dari petugas PMIK cenderung lebih puas dengan pengalaman mereka di rumah sakit. Kesopanan dalam berkomunikasi juga ditemukan berpengaruh pada peningkatan tingkat kepuasan pasien.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Komunikasi efektif
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Medical Records And Health Information Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:43
Last Modified: 19 Jul 2024 02:43
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item