TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KENDALSARI MALANG

Kamilia, Novita Rizqi (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KENDALSARI MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Puskesmas adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bertanggungjawab menyelenggarakan kesehatan dalam suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa puas pasien dalam pelayanan kefarmasian. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif “non eksperimental” deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mengambil obat di Instalasi Farmasi di Puskesmas Kendalsari Malang dengan jumlah sampel responden sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dengan Accidental Sampling. Uji instrument memakai uji validitas dan reabilitas dengan bantuan SPSS serta penilaian menggunakan skala Likert. Pengolahan data menggunakan coding, scoring dan tabulating. Sedangkan untuk Teknik analisis data menggunakan rumus CSI (Customer Satisfaction Indeks). Hasil penelitian yang telah dilakukan didapati bahwa pada dimensi kehandalan mendapatkan tingkat kepuasan 86%, pada dimensi ketanggapan mendapatkan tingkat kepuasan 85,6%, pada dimensi jaminan mendapatkan tingkat kepuasan 86%, pada dimensi empati mendapatkan tingkat kepuasan 87,4% dan pada dimensi bukti langsung mendapatkan tingkat kepuasan 88,6%. Kesimpulan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi puskesmas kendalsari malang yakni 86,72% yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pharmacy Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:28
Last Modified: 15 Jul 2024 01:28
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2440

Actions (login required)

View Item View Item