Kamilia, Novita Rizqi (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KENDALSARI MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (586kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Puskesmas adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bertanggungjawab menyelenggarakan kesehatan dalam suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa puas pasien dalam pelayanan kefarmasian. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif “non eksperimental” deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mengambil obat di Instalasi Farmasi di Puskesmas Kendalsari Malang dengan jumlah sampel responden sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dengan Accidental Sampling. Uji instrument memakai uji validitas dan reabilitas dengan bantuan SPSS serta penilaian menggunakan skala Likert. Pengolahan data menggunakan coding, scoring dan tabulating. Sedangkan untuk Teknik analisis data menggunakan rumus CSI (Customer Satisfaction Indeks). Hasil penelitian yang telah dilakukan didapati bahwa pada dimensi kehandalan mendapatkan tingkat kepuasan 86%, pada dimensi ketanggapan mendapatkan tingkat kepuasan 85,6%, pada dimensi jaminan mendapatkan tingkat kepuasan 86%, pada dimensi empati mendapatkan tingkat kepuasan 87,4% dan pada dimensi bukti langsung mendapatkan tingkat kepuasan 88,6%. Kesimpulan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi puskesmas kendalsari malang yakni 86,72% yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Pharmacy Study Program |
Depositing User: | Dysa Putri Azizah S.IP |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:28 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:28 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2440 |
Actions (login required)
View Item |