Setianingsih, Chindy Ayu (2023) LITERATURE REVIEW: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PASIEN DALAM MEMILIH FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
|
Text (BAB IV - DAFTAR PUSTAKA)
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi keputusan pasien dalam memilih fasilitas pelayanan kesehatan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi keputusan pasien dibagi menjadi dua yaitu aksesibilitas dan karakteristik individu yaitu karakteristik usia dan karakteristik asuransi. Sedangkan faktor ekternal dari institusi pelayanan kesehatan untuk menarik minat pasien dalam mengambil keputusan memilih pelayanan kesehatan dibagi menjadi 2 yaitu mutu pelayanan kesehatan meliputi 5 dimensi mutu pelayanan kesehatan meliputi tangible, reliability, responsiveness, Emphaty, dan Assurance dan bauran pemasaran (marketing mix), strategi pemasaran yang digunakan meliputi product, placc, price, promotion, physical evidence, process. Metode penelitian ini menggunakan strategi literature review dilakukan dengan merumuskan pencarian melalui kata kunci atau keyword dengan pencarian artikel atau jurnal menggunakan keyword dan boolean operator berupa and dan or dan not digunakan untuk mengerucutkan hasil pencarian dari data base online, dengan melakukan seleksi artikel atau jurnal dengan menentukan inklusi dan eksklusi serta penilaian kualitas literature berupa seleksi studi, ekstrasi data dan sintesis data. Hasil penelitian ini bahwa faktor internal yaitu asesibilitas merupakan hal utama yang mempengaruhi keputusan pasien memilih fasilitas pelayanan kesehatan, akan tetapi sebagian intitusi pelayanan kesehatan dikarenakan faktor lain yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pasien memilih fasilitas pelayanan kesehatan yaitu keamanan relatif, potensi pemberantasan penyakit, kepercayaan dan bukti fisik. Sedangkan faktor eksternal yaitu bauran pemasaran menjadi salah satu faktor utama institusi pelayanan kesehatan dalam menarik minat pasien dalam mengambil keputusan memilih pelayanan kesehatan dan sebagai alat bagi institusi untuk mempertimbangkan implementas strategi pemasaran yang ditetapkan dapat berjalan dengan sukses. Strategi pemasaran yang digunakan meliputi Product, Place, Price People, Promotion, Physical evidence, Process. Akan tetapi sebagagian institusi pelayanan kesehatan bauran pemasaran tidak mempengaruhi institusi pelayanan kesehatan dalam menarik minat pasien dalam mengambil keputusan memilih pelayanan kesehatan dikarenakan ada faktor lain yang lebih dominan mempengaruhi keputusan pasien yaitu faktor fasilitas. Saran yang perlu dipertimbangkan ialah lebih mengembangkan intutsi pelayanan kesehatan ke daerah0daerah terpencil, dan letak yang strategis dapat dijangkau oleh masyarakat, angkutan, dan insfrastruktur jalan yang baik sehingga dapar dilewati kendaraan, memilih tempat pelayanan kesehatan tingkat pertama dalam penggunaan asuransi kesehatan sesuai dengan domisili termpat tinggal, dilakukannya penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan setiap bulan menggunakan quisioner dan dengan sejalannya pelayanan kesehatan dapat menggunakan strategi pemasaran promotion untuk mengenalkan produk atau jasa ke berbagai masyarakat.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pasien, Fasilitas pelayanan kesehatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:08 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2438 |
Actions (login required)
View Item |