Yustina, Mila (2022) GAMBARAN MOOD DISORDER PADA REMAJA SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 1 NGANTANG KABUPATEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (950kB) | Preview |
Abstract
Sejak awal pandemi Covid-19 masuk di Indonesia Pemerintah menetapkan pembelajaran secara daring. Dengan tidak adanya kepastian kapan masa pandemi ini berakhir, berpeluang memicu gangguan mood bagi para siswa. Gangguan mood disorder merupakan salah satu masalah psikiatri yang muncul dari adanya perubahan suasana hati yang ekstrem, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mood disorder pada remaja selama mengikuti pembelajaran daring di SMAN 1 Ngantang Kabupaten Malang. Desain penelitan adalah deskriptif. Populasi sebanyak 194 orang. Sampel sebanyak 131 orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Variabel penelitian adalah gambaran mood disorder pada remaja selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Ngantang Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2022 di SMA N 1 Ngatang Kabupaten Malang. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisa data menggunakan univariat untuk menghasilkan distribusi dan prosentase dari tiap variabel. Hasil penelitian didapatkan Malang hampir setengah responden mengalami gangguan mood disorder tinggi sebanyak 51 orang (39%) dan gangguan mood disorder sedang sebanyak 46 orang (35%) dan gangguan mood disorder rendah sebanyak 34 orang (26%), hal ini dipengaruhi oleh usia yang seluruhnya adalah usia remaja (17-18) tahun, jenis kelamin dan kurangnya informasi tentang pencegahan mood disorder pada remaja. Diharapkan pihak sekolah sebaiknya memberikan pendampingan kepada siswa dalam mengikuti pembelajaran daring sehingga dapat mengurangi gangguan mood pada remaja di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mood disorder, Pembelajaran daring, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 07:00 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:00 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1780 |
Actions (login required)
View Item |