GAMBARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN PENGGUNAAN GADGET BERLEBIH DI SD NEGERI AMPELDENTO 1 KECAMATAN KARANGPLOSO MALANG

Utami, Viyata Chanifiah (2022) GAMBARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN PENGGUNAAN GADGET BERLEBIH DI SD NEGERI AMPELDENTO 1 KECAMATAN KARANGPLOSO MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi menyebabkan peningkatan intensitas penggunaan gadget. Penggunaan gadget berlebih dapat berdampak pada keterampilan sosial anak seperti kemampuan bekerjasama, kemampuan bertanya, kemampuan menjadi pendengar dan hubungan dengan lingkungan sosial menjadi terhambat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran keterampilan sosial anak dengan penggunaan gadget berlebih di SD Negeri Ampeldento 1 Kecamatan Karangploso Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4, 5, 6 SD Negeri Ampeldento 1 sejumlah 70 anak dengan pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling didapatkan sampel sejumlah 60 anak. Variabel yang diteliti adalah keterampilan sosial anak dengan penggunaan gadget berlebih, analisa data menggunakan univariate. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dengan pembagian langsung di lapangan pada 14 Maret 2022. Hasil penelitian menunjukkan, didapatkan 40 responden (67%) memiliki keterampilan sosial baik, dan 20 responden (33%) memiliki keterampilan sosial kurang. Hal tersebut dapat dimungkinkan berkaitan dengan kepemilikan gadget, intensitas penggunaan gadget, aplikasi yang tersering digunakan, dan pengawasan penggunaan gadget. Penggunaan gadget berlebih tidak selalu berdampak buruk pada keterampilan sosial anak, namun orang tua sebaiknya memberikan pengawasan, serta pembatasan waktu penggunaan sesuai rekomendasi American Academy of Pediatrics yaitu maksimal 2 jam perhari.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, Siswa SD, Gadget
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:03
Last Modified: 05 Jul 2024 03:03
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item