GAMBARAN BURNOUT AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SD MUHAMMADIYAH 7 WAJAK MALANG

Pratama, Dava Cesarian (2023) GAMBARAN BURNOUT AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SD MUHAMMADIYAH 7 WAJAK MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (698kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (700kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pendidikan siswa tidak jarang juga mengalami stres karena ketidakmampuan beradaptasi dengan program sekolah. Pada pembelajaran fullday school banyak siswa merasa bosan dengan rutinitas belajarnya, yang menyebabkan stres dan mengalami kelelahan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang gambaran burnout akademik siswa dalam pembelajaran fullday school di SD Muhammadiyah 7 Wajak Kabupaten Malang. Penelitian ini meggunakan metode deskriptif. Dengan populasi sebagian siswa di SD Muhammadiyah 7 Wajak Kabupaten Malang sebanyak 139 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling dan didapatkan 103 sampel. Variable penelitian ini adalah burnout akademik yang diukur dengan kuesioner Maslach Burnout Inventory-Student (MBI-SS). Data hasil penelitian dianalisis dengan metode univariate. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar yaitu 44 siswa (42,7%) mengalami burnout ringan, sebagian kecil yaitu 20 siswa (19.3%) mengalami burnout berat. Hasil ini dimungkinkan karena umur, sebagian besar responden adalah laki-laki, tinggal bersama orang tua karena tuntutan dari orang tua untuk berprestasi dalam pendidikan sehingga semakin menambah beban.Berdasarkan hasil penelitian diharapakan sekolah memberikan waktu untuk istirahat dan variasi pembelajaran sehingga siswa tidak mengalami burnout. Serta sekolah dapat meningkatkan, mengembangkan dan mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling agar kejenuhan akademik siswa dapat dikurangi atau teratasi dan hasil belajar siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Burnout akademik, Fullday school, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Evi Mauludiah, S.IP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:48
Last Modified: 29 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item