Alfarii, Tiara Nuraida Rismi (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN DI UNIT TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PUNTEN BATU. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (831kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberadaan unit rekam medis pada suatu rumah sakit sangat penting, karena sebagai sumber informasi yang berasal dari data rekam medis oleh sebab itu maka perlu adanya manajemen mutu yang baik pula dalam penggelolaaan rekam medis sehingga dapat digunakan sebagai landasan perencanaan dan untuk menilai kinerja unit pelayanan medis. Di tempat pendaftaran pasien rumah sakit punten batu didapatkan masih ada penempatan petugas rekam medis yang belum sesuai dengan kompetesinya. Serta setiap pendaftaran menjadi satu tempat ini sangat berpengaruh terhadap proses pelayanan serta beban kerja suatu petugas pendaftaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun fokus penelitian yaitu prosedur, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Jumlah informan dalam wawancara adalah 5 orang petugas pendaftaran yang ditetapkan berdasarkan teknik purposive sampling. Sistem penyelenggaraan rekam medis telah dilakukan secara berurutan dan sistematis, namun terdapat beberapa hal dalam penyelenggaraan rekam medis yang tidak sesuai.Faktor sumber daya manusia di karenakan petugas yang berlatar belakang pendidikan SMA. Faktor Sarana dan Prasarana saat ini kebutuhan sarana dan prasarana printer dan alat cetak gelang pasien yang kurang mewadahi dalam proses pelayanan di Unit Pendaftarn pasien. Tempat waktu tunggu pendaftaran pasien saat ini banyak mengalami perubahan yang cukup baik daripada tahun sebelumnya dari ruangan yang kurang mewadahi dari segi tempat pendaftaran maupun tempat waktu tunggu pasien. Saran yang perlu dipertimbangkan oleh pihak terkait adalah memberikan pelayanan di Unit Tempat Pendaftaran yang lebih maksimal dari segi senyum sapa dan salam sehingga dapat menciptakan mutu pelayanan yang sesuai. Memberikan pelatihan dan seminar tentang pendaftaran pasien terhadap salah satu petugas yang belum menguasai kompetensi petugas rekam medis. Serta mengedepankan petugas pendaftaran pasien yang berlulusan D3 Rekam Medis dengan ketentuan yang berlaku. Menambahkan sarana dan prasarana pelayanan pendaftaran pasien
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Pendaftaran pasien |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:03 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:03 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2481 |
Actions (login required)
View Item |