Hidayati, Nur Indah Wahyu (2023) LITERATURE REVIEW: FAKTOR KEPUASAN PASIEN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI FASILITAS KESEHATAN. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
||
|
Text (BAB IV - DAFTAR PUSTAKA)
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Faktor kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan di fasilitas kesehatan terdapat lima faktor yaitu faktor kehandalan (reliability), faktor ketanggapan (responsiviness), faktor jaminan (assurance), faktor empati (emphaty) dan bukti fisik (tangibles). Kemampuan pada petugas dalam pelayanan pendaftaran sudah sesuai dengan alur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Pencarian artikel pada penelitian ini menggunakan database Google Scholar dengan keyword adalah “Dimensi Mutu” or “Kualitas” and “Kepuasan Pasien” and “Pendaftaran” and “Rawat Jalan” and “Rumah Sakit” or “Puskesmas” dan SAGE Journal dengan Keyword “Satisfaction” and “Quality” and “Registration” or “Outpatient” and “Patient”. Jurnal penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2017-2022, berbahasa Indonesia dan Inggris. Hasil penelitian ini adalah pada faktor reability terhadap kepuasan pasien di pendaftaran rawat jalan petugas sudah memiliki kemampuan yang baik dalam pelayanan yang sesuai dengan alur. Faktor responsiviness dalam pelayanan pasien masih belum sesuai dan kurang maksimal. Pada faktor assurance dalam pelayanan yang masih belum sesuai. Faktor emphaty masih belum sesuai dan kurang optimal. Pada faktor tangibles masih belum maksimal. Beberapa responden menyatakan tidak puas pada lima faktor tersebut. Saran yang perlu dipertimbangkan adalah perlu ditingkatkan dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan Standar Operational Prosedur (SOP), pelayanan yang optimal dan maksimal agar pasien merasa puas dalam pelayanan pendaftaran rawat jalan.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, Fasilitas kesehatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:16 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:16 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2450 |
Actions (login required)
View Item |