HUBUNGAN MUTU PELAYANAN REKAM MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS PAKIS KABUPATEN MALANG

Rista, Afra Timura Indah (2023) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN REKAM MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS PAKIS KABUPATEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang sangat penting Indonesia. Puskesmas merupakan unit yang strategis dalam mendukung terwujudnya perubahan status kesehatan masyarakat menuju peningkatan derajat kesehatan yang optimal juga menjadi bagian pelaksana program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang harus dijamin oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Mutu pelayanan sangat berpengaruh dengan kepuasan konsumen karena mutu pelayanan harus didasarkan pada kebutuhan dengan persepsi atau penilaian pasien. Dimensi mutu dapat diukur dengan enam dimensi menurut Institute of Medicine (IOM) yaitu keselamatan pasien, efektifitas, berorientasi pada pasien, tepat waktu, efisiensi, keadilan. Metode penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif, adapun fokus penelitian ini yaitu hubungan mutu pelayanan rekam medis terhadap kepuasan pasien bpjs di puskesmas pakis kabupaten malang yang diperoleh berdasarkan kuisioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 97 pasien BPJS yang ditetapkan berdasarkan teknik sampling purposif (purposive sampling). Terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y dibuktikan dengan hasil analisis analisis dari responden pasien BPJS UPT Puskesmas Pakis yaitu yaitu nilai signifikansi tidak lebih dari 0,050 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima dan keeratan korelasi nilai r = 0,411 dengan skala keeratan 0,41 – 0,70 korelasi memiliki tingkat keeratan kuat. Pada variabel mutu pelayanan rekam medis dapat di kategorikan pada tingkat baik, dari 97 responden yang menilai mutu pelayanan rekam medis baik sebanyak 76,29% atau 74 responden. Dan pada variabel kepuasan pasien dapat di kategorikan pada tingkat puas, dari 97 responden yang menilai kepuasan pasien puas sebanyak 77,32% atau 75 responden. Saran yang perlu dipertimbangkan oleh pihak terkait adalah mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan rekam medis agar tingkat kepuasan pasien semakin baik dan bisa terus memenuhi kebutuhan pasien.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Rekam medis, Pasien bpjs
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Medical Records And Health Information Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:22
Last Modified: 19 Jul 2024 02:22
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item