Maharani, Yolanda Fitria (2021) GAMBARAN TINGKAT KELELAHAN FISIK AKIBAT BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII E DI SMPN 02 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Game online inilah yang selalu menjadi solusi nomor satu pada saat bosan. Terkadang yang awal mulanya game online digunakan untuk menghilangkan rasa bosan, sekarang sudah banyak disalah gunakan oleh beberapa penggunanya, termasuk remaja dan anak-anak. penyebabnya adalah kurangnya pengawasan dari orang tua dalam penggunaan game online, sehingga mengakibatkan kelelahan fisik pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kelelahan fisik akibat bermain game online pada siswa kelas VIII E di SMPN 02 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E di SMPN 02 Ngunut Desa Kacangan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dengan jumlah 30 siswa. Variabel pada penelitian ini adalah tingkat kelelahan fisik akibat bermain game online pada siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, dengan jumlah sampel sama dengan populasinya. Alat ukur dengan lembar kuisoner. Dilakukan penelitian pada tanggal 1-7 Juli 2021 di SMPN 02 Ngunut Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat kelelahan fisik akibat bermain game online pada siswa VIII E bahwa sebagian besar memiliki kriteria sedang sebanyak 19 siswa (64%), sebagian kecil memiliki kriterian berat sebanyak 6 siswa (20%) dan sebagian kecil memiliki kriteria ringan sebanyak 5 siswa (16 %). Hasil ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis kelamin, waktu pemulihan dan durasi bermain game online. Berdasarkan dari hasil penelitian diharapkan orangtua atau keluarga responden lebih peduli pada anak dalam penggunaan game online agar tidak berlarut-larut yang berdampak kelelahan fisik pada anak dan memberikan perhatian khusus pada anak.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelelahan fisik, Game online, Siswa SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Dysa Putri Azizah S.IP |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 01:22 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 01:22 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2363 |
Actions (login required)
View Item |