Afifa, . (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENANGANAN LUKA TERBUKA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PADA DOKTER KECIL DI SDN 5 BEDALI LAWANG. Diploma Tiga (D3) thesis, Poltekkes RS dr. Soepraoen.
|
Text
Abstrak.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendahuluan: Luka terbuka merupakan suatu bentuk kerusakan jaringan kulit akibat trauma dan dicirikan adanya robekan jaringan atau terbukanya jaringan. Penanganan luka pada dokter kecil yang belum sesuai standard dapat dicegah dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan dapat ditingkatkan melalui pendidikan kesehatan dan keterampilan dapat ditingkatkan melalui praktik dengan metode ceramah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan tentang penanganan luka terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain Pre-Post Test Design. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Besar sampel 11 responden. Variabel penelitian ini adalah tingkat pengetahuan dan keterampilan. Tempat penelitian di SDN 5 Bedali Lawang dan waktu penelitian 18 Mei 2019. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Uji data statistik menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil: Menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan ketramilan tentang penanganan luka terbuka. Uji beda dengan Wilcoxon didapatkan nilai nilai p=0.003 (α ≤ 0,05). Diskusi: Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan responden tentang penanganan luka terbuka. Sehingga diharapkan dokter kecil dapat rutin mendapat pendidikan kesehatan agar pengetahuan dan keterampilannya meningkat dalam penanganan luka terbuka. Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Penanganan Luka Terbuka, Pengetahuan, Keterampilan ABSTRACT Introduction: Open wound is a skin tissue injury due to thrauma and is identified by the tissue tear or opened tissue . The knowledge can be improved through health education meanwhile skill can be improved through practicing by using lecturing method. This research is aimed to analyze the effect of health education on wound care towards the level of knowledge and skill. Research Method: This research employes Pre-Post Test Design. The sampling technique which is used is total sampling method. The samples are 11 respondents. Meanwhile the research variables are the level of knowledge and skill. Research in SDN (State Elementary School) 5 Bedali Lawang and research time May 18 2019. The instrument used a questionnaire. Statistical data test using Wilcoxon Sign Rank Test. Results: The researcher found the effect of health education on wound care towards the level of knowledge and skill of little doctors in SDN (State Elementary School) 5 Bedali Lawang. Discrimination test with Wilcoxon obtained p = 0.003 (α ≤ 0.05). Discussion: Health education can improve the respondents’ knowledge on the open wound care. Therefore, the little doctors are expected to obtain the health education routinely in order their knowledge and skill on open wound care are improved. Keywords: Health education, Open wound care, Knowledge, Skill
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kesehatan, Penanganan Luka Terbuka, Pengetahuan, Keterampilan; Health education, Open wound care, Knowledge, Skill. | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RM1 Therapeutics. Pharmacology > RM300 Drugs and their actions | ||||||||||||
Divisions: | Nursing Study Program | ||||||||||||
Depositing User: | Yacobus Sudaryono | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2019 00:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/235 |
Actions (login required)
View Item |