Ikawati, Enggie (2021) GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TINGKAT II PRODI KEPERAWATAN TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN RS dr. SOEPRAOEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan sistem pendidikan jarak jauh dengan sekumpulan metode pengajaran dimana terdapat aktivitas pengajaran yang dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Permasalahan dalam pembelajaran daring yaitu biaya kuota yang mahal dan banyak tugas yang menumpuk dan motivasi belajar menurun, koneksi jaringan internet menjadi salah satu kendala yang dihadapkan dosen dan mahasiswa yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses jaringan internet, apalagi mahasiswa yang tempat tinggalnya didaerah perdesaan terpencil dan jauh dari kota dan tidak memfasilitasi internet atau jaringan internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa tingkat II prodi keperawatan terhadap pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 - 27 juli 2021. Populasinya adalah mahasiswa tingkat II prodi keperawatan di Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang berjumlah 233 responden. Dengan jumlah sampel 100 responden. Tehnik sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah consecutive. Penelitian ini menggunakan analisis univariat. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki persepsi negatif sebanyak 58 orang (58%), dan hampir setengahnya memiliki persepsi positif sebanyak 42 orang (42%). Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu responden memiliki persepsi negatif terhadap pembelajaran daring di Instituti Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang. Dari hasil penelitian ini bahwa faktor yang mempengaruhi persepsi adalah minat, kepentingan, kebiasaa dan konstansi. Melihat hasil penelitian ini maka diharapkan dosen lebih sering memberi waktu luang untuk mendengarkan persepsi mahasiswa tingkat II prodi keperawatan agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Dysa Putri Azizah S.IP |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:54 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:54 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2154 |
Actions (login required)
View Item |