GAMBARAN PERCEIVED BARRIER IBU DALAM PEDAMPINGAN BELAJAR DARING ANAK KELAS 6 DI SDN KESATRIAN 1 MALANG

Nurcahyanti, Annsa Yuniawan (2021) GAMBARAN PERCEIVED BARRIER IBU DALAM PEDAMPINGAN BELAJAR DARING ANAK KELAS 6 DI SDN KESATRIAN 1 MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring memiliki banyak nya kendala yang dirasakan oleh ibu saat mendampngi anak dalam belajar, yaitu kurangnya pemahaman materi, kesulitan menumbuhkan minat belajar anak, tidak cukup waktu mendampingi anak karena harus bekerja, tidak sabar mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan mengoprasikan gadget, dan terkendala layanan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perceived barrier ibu dalam pendampingan belajar anak SD kelas 6 di SDN Kesatrian 1 Malang. Desain penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Populasi penelitian yaitu ibu / wali murid siswa kelas 6 di SDN Kesatrian 1 Malang sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan total sampling. Variabel penelitian ini yaitu perceived barrier ibu dalam pendampingan belajar daring anak kelas 6 di SDN Kesatrian 1 Malang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 Juni 2021 melalui google form. Berdasarkan hasil dari jawaban kuesioner diperoleh data bahwa hampir setengah ibu memiliki persepsi pada kategori kecil yaitu sebanyak 22 responden (49%), hampir setengah ibu memiliki persepsi pada kategori sedang sebanyak 13 responden (38%), dan sebagian kecil ibu memiliki persepsi berada pada kategori besar sebanyak 10 responden (13%), Orang tua dituntut mampu membimbing anak belajar dari rumah dan mampu menggantikan guru disekolah, diduga menjadi faktor pemicu terjadi nya perceived barrier dalam penelitian ini adalah faktor usia dan latar belakang pendidikan, hubungan perkawinan, serta jumlah anak. Melihat dari hasil penelitian ini dan juga kesibukan orangtua, maka sebaiknya ibu juga berkolaborasi dengan guru les sehingga prestasi belajar anak tidak menurun.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Anak, Perceived barrier, Pendampingan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:49
Last Modified: 08 Jul 2024 02:49
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item