Corniawati, RIza Indah (2022) GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA KEPADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI MANISREJO KOTA MADIUN. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (800kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (924kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Anak yang mengalami tunagrahita sangat memerlukan dukungan khusus dari keluarga, karena anak tungrahita tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa pengawasan dari keluarga. Dukungan keluarga sangat penting karena keluargalah yang paling lama berinteraksi dengan anak. Dukungan keluarga ada 5 yaitu dukungan informasional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan emosional, dan dukungan sosial. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Gambaran Dukungan Keluarga Kepada Anak Tunagrahita di SLBN Manisrejo Kota Madiun.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi semua keluarga yang merawat anak tunagrahita sejumlah 44 orang tua dan didapatkan sampel sejumlah 30 orang tua dengan anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah dukungan keluarga kepada anak tunagrahita di SLBN Manisrejo. Instrumen yang di gunakan yaitu kuisioner. Analisa data menggunakan analisa univariat. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 21-22 Juli 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dukungan keluarga hampir setengahnya di kategorikan cukup sejumlah 14 responden (47%), dan hampir setengahnya dikategorikan baik sejumlah 8 responden (27%), dan hampir setengahnya dikategorikan kurang sejumlah 8 responden (27%). Dari data tersebut ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil penelitian diantaranya adalah faktor usia, pendidikan, pekerjaan, dan juga penghasilan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada keluarga untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara memberikan dukungan keluarga yang baik pada anak tunagrahita dan bagaimana cara menerapkan dukungan keluarga yang benar terhadap anak tunagrahita agar anak tunagrahita dapat berinteraksi dengan baik sehingga sikap dan perilaku anak dapat menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan keluarga, Anak tunagrahita |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:10 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1788 |
Actions (login required)
View Item |