GAMBARAN KETAHANAN DIRI REMAJA YANG PERNAH MENDAPATKAN BULLYING PADA SISWA KELAS 9 DI SMPN 1 PAGAK KABUPATEN MALANG

Ambarwati, Mery Dwi (2022) GAMBARAN KETAHANAN DIRI REMAJA YANG PERNAH MENDAPATKAN BULLYING PADA SISWA KELAS 9 DI SMPN 1 PAGAK KABUPATEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Remaja yang bergaul dalam lingkungan yang salah dapat menyebabkan tindakan menyimpang seperti bullying. Seorang remajayang memiliki ketahanan diri rendah dalam dirinya otomatis remaja tersebut mudah terpuruk dari dampak bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ketahanan diri remaja yang pernah mendapatkan bullying pada siswa kelas 9 di SMPN 1 Pagak. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas 9 SMPN 1 Pagak sejumlah 61 siswa yang pernah melaporan mendapatkan bullying di BK. Teknik sampling yang digunakan adalah Total sampling dengan besar sampel 61 responden. Variabel yang diteliti adalah Ketahanan diri remaja yang mendapatkan bullying. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan menggunakan lembar kuesioner Brief Resilience Scale. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 April 2022 - 30 April 2022. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki ketahanan diri normal yaitu 32 siswa (53%), hampir setengahnya memiliki ketahanan diri rendah yaitu 28 siswa (47%), sebagian kecil memiliki ketahanan diri tinggi yaitu 1 siswa (2%). Berdasarkan penelitian ini, diharapkan siswa mampu meningkatkan ketahanan diri, menghindari stress berlebihan, dan mengevaluasi diri siswa tentang dampak bullying yang dialami sehingga mendorong siswa untuk mencari mekanisme coping yang positif.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Ketahanan diri, Bullying, Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:59
Last Modified: 05 Jul 2024 06:59
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item