Mufidah, Luthfiatul (2022) GAMBARAN TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH YANG MENGGUNAKAN GADGET DI TK MUSLIMAT NU DEWI MASITOH 4 DESA MENTARAMAN KAB. MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Gadget memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan manusia, demikian pula terhadap anak-anak. Gadget memiliki dampak positif seperti menambah wawasan pada anak, membangun relasi, sebagai media pendidikan. Adapun dampak negatif dari gadget yaitu menurunkan prestasi belajar, perkembangan keterampilan sosial dan bahasa anak yang terlambat, perkembangan otak tidak maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan tinkat perkembangan sosial dan bahasa pada anak prasekolah yang menggunakan gadget di TK Muslimat NU Dewi Masithoh 4 Desa Mentaraman Kab. Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Dengan populasi seluruh siswa TK Muslimat NU Dewi Masithoh 4 Desa Mentaraman kab. Malang sejumlah 30 anak. Variabel yang diteliti adalah gambaran sosial dan bahasa pada anak prasekolah yang menggunakan gadget di TK Muslimat NU Dewi masithoh 4 Desa Mentaraman Kab. Malang. Waktu penelitian pada tanggal 5 Juni 2022. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner KPSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respondedn memiliki tingkat perkembanggan sosial normal (anak mampu melakukan pemeriksaan dengan baik) yaitu 12 anak (40%), dan sebagian besar responden memiliki tingkat perkembangan sosial tidak normal (anak gagal dalam melakukan pemeriksaan) yaitu 18 anak (60%). Untuk responden yang memiliki tingkat perkembangan bahasa normal sebanyak 14 anak (47%), dan responden yang memiliki tingkat perkembangan bahasa tidak normal sebanyak 16 anak (53%). Hasil penelitian ini diharapkan orang tua/wali lebih selektif lagi dalam memberikan mainan kepada anak, terutama pemberian izin bermain gadget. Perlu ketegasan dan pendampingan dari orang tua dalam memberikan batasan durasi penggunaan gadget pada anak, agar nantinya tidak memberikan dampak negatir yang dapat mengganggu proses perkembangan anak.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Anak, Prasekolah, Gadget |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RT Nursing T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 06:32 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 06:32 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1538 |
Actions (login required)
View Item |