Ariska, Windi (2022) GAMBARAN KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG PEMBELAJARAN ONLINE DI INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN RS dr. SOEPRAOEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (661kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran online yang dilakukan secara virtual dapat menyebabkan banyak kendala, seperti jaringan internet yang tidak stabil, dan tugas yang menumpuk banyak. Selain itu mahasiswa juga kurang memahami materi yang disampaikan oleh pengajar. Hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa keperawatan terhadap pembelajaran online di ITSK RS dr. Soepraoen Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif prodi D3 keperawatan tingkat 2 ITSK RS dr. Soepraoen yang berjumlah 184 mahasiswa. Sample dalam penelitian ini mahasiswa aktif prodi D3 keperawatan tingkat 2 ITSK RS dr. Soepraoen yang hadir saat dilakukan penelitian berjumlah 40 Mahasiwa. Sampling menggunakan accidental sampling. Penelitian dilakukan pada tanggal 16-20 Juni 2022. Variabel penelitian ini adalah kepuasan pembelajaran online. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan univariat (distribusi frekuensi). Hasil penelitian didapatkan sebagian besar 29 responden (72,5%) masuk kategori cukup memuaskan. Hasil analisis butir soal didapatkan nilai rata-rata seluruhnya yaitu, 3,37. Ada 4 indikator yang dibawah nilai rata-rata seluruhnya yaitu, pada indikator sumber belajar online didapatkan hasil rata-rata 3,2. Pada indikator konten pembelajaran didapatkan hasil rata-rata 3,27. Pada indikator interaksi antar mahasiswa didapatkan hasil rata-rata 3,15. Pada indikator interaksi dosen dan mahasiswa didapatkan hasil rata-rata 3,2. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat mengembangkan xvi pemahaman mahasiswa dalam proses pembelajaran sehingga kepuasan mahaiswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pembelajaran online, Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 11:42 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 11:42 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1474 |
Actions (login required)
View Item |