Agustianingrum, Kirana Dyah (2020) GAMBARAN STIGMA SISWA REGULER TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS XI PERHOTELAN SMKN 2 MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Secara kodrati semua manusia mempunyai berbagai macam kebutuhan, tidak terkecuali kebutuhan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Pendidikan yang bisa didapatkan anak berkebutuhan khusus adalah pendidikan inklusi, dimana pendidikan ini menyatukan anak reguler dengan anak berkebutuhan khusus. Namun, perbedaan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus, entah fisik maupun mental, tentu akan memunculkan stigma pada anak reguler. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan stigma siswa reguler terhadap ABK di SMKN 2 Malang. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya adalah siswa regular kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 2 Malang. Sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 42 siswa. Variabel pada penelitian ini adalah gambaran stigma. Alat ukurnya menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan coding, scoring, tabulating, dan presentase. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 42 siswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 30 Januari 2020. Hasil penelitian menunjukan hampir seluruh responden yaitu 39 siswa (93%) tidak memberikan stigma pada anak berkebutuhan khusus dan sebagian kecil responden yaitu 3 siswa (7%) memberikan stigma pada anak berkebutuhan khusus. Upaya untuk pencegahan pemberian stigma pada ABK yaitu dengan memberikan edukasi tentang ABK kepada siswa regular dan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif di lingkungan sekolah perlu dipertahankan sehingga kenyamanan belajar dapat dirasakan oleh seluruh siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stigma, Anak berkebutuhan khusus, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RC31 Internal medicine > RC321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry > RC346 Neurology. Diseases of the nervous system > RC435 Psychiatry > RC569 Mental retardation. Developmental disabilities R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Dysa Putri Azizah S.IP |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 03:17 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 03:17 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1462 |
Actions (login required)
View Item |