PENGARUH PERMAINAN KARTU ANGKA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERMATA APSARI KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Briliyanti, Yovanka Dinda (2019) PENGARUH PERMAINAN KARTU ANGKA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERMATA APSARI KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, Poltekkes RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Kognitif adalah suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Perkembangan kognitif sangat dibutuhkan oleh anak prasekolah yaitu anak yang berusia antara 3-6 tahun. Dan pemberian permainan kartu angka ini berpengaruh terhadap perkembangan kognittif pada anak tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh alat permainan kartu angka terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun. Metode penelitian menggunakan pre eksperimen dan desain penelitian menggunakan one group pre test post test . Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Purpossive Sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah permainan kartu angka menggunakan lembar kuesioner dan mengukur kognitif menggunakan lembar observasi. Jumlah sample yang ada yaitu 11 responden. Hasil penelitian didapatkan sebelum pemberian bahwa hamper seluruhnya yaitu 9 responden Mulai Berkembang dan sebagian kecil yaitu 2 responden Belum Berkembang dan sesudah pemberian bahwa hamper seluruhnya yang Berkembang Sangat Baik berjumlah 8 responden, sebagian kecil Berkembang Sesuai Harapan berjumlah 2 responden, dan sebagian kecil Mulai Berkembang berjumlah 1 responden. Dalam penelitian ini menggunakan analisis uji wilcoxon dengan batas kemaknaan α = 0,05. Hasil uji statistik didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,002 (p<0.05) . Karena nilai p value (0,002) < (0,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitianini yaitu ada pengaruh permainan kartu angka terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 4-6 tahun di TK Permata Apsari Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Diharapkan orang tua dan guru dapat memberikan pelajaran kartu angka untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Kata Kunci: Permainan kartu angka, perkembangan kognitif, anak usia 4-6 tahun. Abstract: Cognitive is a thinking process, namely the ability of individuals to connect, assess, and consider an event or event. Cognitive development is needed by preschool children, namely children aged between 3-6 years. And giving this number card game influences the cognitive development of the child. The purpose of this study was to determine the effect of numerical card game tools on cognitive development of children aged 4-6 years. The research method uses pre-experiment and research design using one group pre test post test. Sampling in this study uses Purposive Sampling techniques. The instrument in this study was a number card game using questionnaires and measuring cognitive sheets using an observation sheet. The number of samples is 11 respondents. The results were obtained before giving that almost all of the 9 respondents began to develop and a small number of 2 respondents had not yet developed and after giving that almost all of the very well developed numbered 8 respondents, a small part of developing according to expectations was 2 respondents, and a small number of developing 1 respondent. In this study using Wilcoxon test analysis with a significance limit of α = 0.05. The results of the statistical test showed a significance value of 0.002 (p <0.05). Because the value of p value (0.002) <(0.05), then Ho is rejected and H1 is accepted. The conclusion of this study is that there is the influence of numerical card games on cognitive development in children aged 4-6 years in TK Apsari TK Karangploso District, Malang Regency. It is expected that parents and teachers can provide numeric card lessons to improve children's cognitive development. Keywords: Number card games, cognitive development, children 4-6 years old

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDAlfitri, Rosyidah0703068702UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDWijayanti, Tut Rayani Aksohini0720038804UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan kartu angka, perkembangan kognitif, anak usia 4-6 tahun; Number card games, cognitive development, children 4-6 years old
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ47 Genetic aspects
Divisions: Midwivery Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 26 Jun 2019 06:41
Last Modified: 25 Aug 2023 02:45
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item