Pitasari, Ni Luh Ayu (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan Pemenkes 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis yaitu berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang pasien, pemeriksaan, pengobatan tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikannya kepada pasien. Rekam Medis terdiri dari beberapa state pelayanan, beberapa stase yang diantaranya terdapat Stase Pendaftaran Pasien Rawat Jalan maupun Rawat Inap. Pelayanan rawat jalan yaitu pelayanan yang diberikan kepada pasien yang tidak mendapatkan pelayanan rawat inap di fasilitas kesehatan. Kegiatan di tempat penerimaan pasien tertulis dalam prosedur penerimaan pasien. Tempat pendaftaran, merupakan tempat dimana antara pasien dengan petugas rumah sakit melakukan kontak yang pertama kali. Serta Rekam Medis di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang juga terbagi menjadi beberapa unit pelayanan rekam medis seperti pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan, instalasi gawat darurat maupun rawat inap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Menurut Bogdan dan Taylor, sebagaimana yang dikutip oleh Lexy J. Moleong, penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan lembar kuisioner kepada petugas rekam medis yang ada. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa SOP, sarana dan orasarana serta SDM pada tempat pendaftaran rawat jalan telah berjalan sesuai dengan ketentuan di rumah sakit, sehingga pelayanan dapat berjalan dengan baik dan efektif serta pasien merasa nyaman dan puas pada pelayanan yang diberikan oleh petugas TPPRJ di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Diharapkan seluruh petugas pada tempat pendaftaran agar lebih meningkatkan kerja sama sesama petugas pendaftaran
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekam medis, Pasien rawat jalan |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 31 May 2024 06:45 |
Last Modified: | 31 May 2024 06:45 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1383 |
Actions (login required)
View Item |