Safitri, Nurjihan (2023) TINJAUAN IMPLEMENTASI PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS BULULAWANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu bentuk pelayanan administratif rekam medis adalah pendaftaran pasien. Bagian pendaftaran merupakan tempat pertama yang dikunjungi pasien atau keluarga pasien sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan. Pendafataran pasien dibagi menjadi tiga yaitu Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ), Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap (TPPRI) dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) (Tuty N 2019). Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, adapun fokus penelitian yaitu Tinjauan Implementasi Pendaftaran Pasien di Puskesmas Bululawang yang diperoleh dari metode fenomenologi berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan pendaftaran pasien di Puskesmas Bululawang kabupaten Malang didukung adanya seorang petugas rekam medis, dan terkadang juga dibantu oleh beberapa petugas lainnya dalam melaksanakan pendaftaran pasien, seperti: petugas IT, bidan, perawat dan dokter, Adapun SOP yang ada terdiri dari : SOP pendaftaran pasien rawat jalan, SOP pendaftaran pasien rawat inap, SOP pendaftaran pasien gawat darurat. Sarana dan prasarana yang tersedia sudah cukup baik dan mendukung pelayanan pendaftaran pasien. Saran yang perlu dipertimbangkan adalah menambah petugas rekam medis minimal 1 orang petugas lulusan D3 rekam medis untuk meringankan beban kerja yang dilimpahkan. Pentingnya mengevaluasi sarana dan prasarana yang ada sehingga jika ditemukan fasilitas tersebut kurang bagus. Diharapkan petugas bisa menge-list apa saja fasilitas yang sekiranya kurang bagus atau tertanda akan rusak dalam pemakaian, sehingga jika ada fasilitas yang rusak sudah terdapat gantinya dan tidak terjadi kendala dalam pelayanan pendaftaran pasien.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tinjauan implementasi, Pendaftaran pasien |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:47 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:47 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2555 |
Actions (login required)
View Item |