Lestari, Erlina Wahyu (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PMIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SITI MIRIAM - LAWANG KAB. MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (626kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi efektif dalam pelayanan tidak hanya dilihat dari komunikasi verbal tetapi juga dapat dilihat dari komunikasi non-verbal yang berwujud gesture,attitude dan ekspresi wajah staf rumah sakit khususnya PMIK yang berada dalam posisi pendaftaran. Ketika PMIK memberikan bentuk komunikasi yang kurang baik seperti kurang ramah, tidak informatif dan kurang komunikatif, tentunya akan berpengaruh terhadap citra rumah sakit.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, variable penelitian ini yaitu kepuasan pasien dan komunikasi efektif PMIK dengan menggunakan analisis Chi Square pada aplikasi SPSS, sampel dalam penelitian yaitu 86 pasien RS Siti Miriam. Hasil penelitian ini diketahui bahwa frekuensi tentang kepuasan pasien ditemukan hasil yang merasa puas terhadap pelayanan yang sudah diberikan petugas tentang penerapan komunikasi efektif sebanyak 48 pasien atau sebesar (56%). Ada hubungan antara komunikasi efektif PMIK yang terdiri dari prinsip komunikasi respect diperoleh nilai 0,040, adanya hubungan pada prinsip komunikasi empathy diperoleh nilai 0,046, adanya hubungan komunikasi efektif prinsip audible diperoleh nilai 0,009, adanya hubungan komunikasi efektif prinsip clarity diperoleh nilai 0,034, adanya hubungan komunikasi efektif prinsip humble diperoleh nilai 0,005, terhadap kepuasan pasien di RS Siti Miriam Lawang. Terdapat hubungan komunikasi efektif PMIK dengan kepuasan pasien, disarankan agar RS Siti Miriam meningkatkan pelayanan pasien di tempat pendaftaran, dengan perhatian utama dalam prinsip clarity petugas dengan memberikan pelatihan, penyuluhan untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam pelayanan
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi efektif, Kepuasan pasien |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:21 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:21 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2505 |
Actions (login required)
View Item |