GAMBARAN KEPATUHAN PEDAGANG DALAM MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI BLOK A PASAR PAKISAJI KABUPATEN MALANG

Nazmi, Muhammad Hilal (2021) GAMBARAN KEPATUHAN PEDAGANG DALAM MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI BLOK A PASAR PAKISAJI KABUPATEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Protokol kesehatan COVID-19 yaitu menggunakan masker, pelindung wajah, mencuci tangan, social distancing dan menerapkan etika batuk. Pedagang yang tidak mematuhi protokol kesehatan menyebabkan kejadian COVID-19 terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi gambaran kepatuhan pedagang dalam menjalankan protokol kesehatan pada era pandemi COVID-19 di Pasar Pakisaji Kabupaten Malang. Desain penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Populasi penelitian yaitu pedagang di Blok A Pasar Pakisaji Kabupaten Malang sebanyak 29 orang. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Variabel penelitian yaitu kepatuhan pedagang dalam menjalankan protokol kesehatan pada era pandemi COVID-19. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analiis univariat. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 Januari 2021 di wilayah pasar Pakisaji Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir setengah responden memiliki kepatuhan yang kurang sebanyak 13 orang (45%), hampir setengah responden memiliki kepatuhan cukup sebanyak 11 orang (38%), dan sebagian kecil responden memiliki kepatuhan yang baik sebanyak 5 orang (17%). Untuk dapat meningkatkan kepatuhan pedagang diperlukan pemerintah dan pihak pengelola pasar untuk melakukan penyuluhan dengan komunikasi yang efektif sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan motivasi pedagang untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan pedagang, Protokol kesehatan, Pedagang, COVID-19
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:59
Last Modified: 08 Jul 2024 02:59
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item