GAMBARAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK TODDLER DENGAN PENGGUNAAN GADGET BERLEBIH DI POSYANDU DESA KURIPAN 2, KECAMATAN TIGA DIHAJI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN, PALEMBANG

Susilawati, Iis (2020) GAMBARAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK TODDLER DENGAN PENGGUNAAN GADGET BERLEBIH DI POSYANDU DESA KURIPAN 2, KECAMATAN TIGA DIHAJI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN, PALEMBANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak fenomena anak toddler mengalami keterlambatan bahasa yaitu ketidaknormalan kemampuan berbicara jika dibandingkan dengan kemampuan seusianya. Salah satu faktor yang berkontribusi adalah penggunaan gadget berlebih >2 jam/hari membuat anak lebih menjadi pendengar pasif dan bekomunikasi hanya satu arah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan bahasa pada toddler dengan penggunaan gadget berlebih di Posyandu Desa Kuripan 2, Kecamatan Tiga Dihaji, Kabupaten Ogan Komering Oku Selatan, Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya adalah anak usia 1-3 tahun yang menggunakan gadget berlebih (> 2 jam/hari). Sampel berjumlah 14 anak. Sampling yang digunakan adalah total sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu perkembangan bahasa pada toddler dengan penggunaan gadget berlebih. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner KPSP. Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Juni 2020. Analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruhnya perkembangan bahasa anak dengan penggunaan gadget berlebih kemungkinan ada penyimpangan yaitu 11 responden (78,57%) dan sebagian kecil normal yaitu 3 responden (21,43%). Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh ibu bekerja dan kurangnya mendapatkan informasi tentang dampak penggunaan gadget berlebih. Melihat hasil penelitian ini, orang tua sebaiknya melakukan pembatasan penggunaan gadget pada anak dan menyediakan stimulasi perkembangan yang berkualitas.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Anak todler, Penggunaan gadget, Perkembangan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Dysa Putri Azizah S.IP
Date Deposited: 04 Jun 2024 11:04
Last Modified: 04 Jun 2024 11:04
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item