GAMBARAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 SUMBERREJO BOJONEGORO

Cahyadi, Faisal Ahmad (2022) GAMBARAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 SUMBERREJO BOJONEGORO. Diploma (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Dampak penyebaran Covid-19 di Indonesia membuat banyak sekolah dan perguruan tinggi memutuskan untuk menggunakan metode pembelajaran daring dengan menggunakan gadget. Hal ini menyebabkan mata lelah, mata kering, ketajaman penglihatan menurun bahkan meyebabkan sakit kepala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah Selama Pembelajaran Daring di SDN 1 Sumberrejo Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 di dengan menggunakan metode Total sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2022 dengan variabel penelitian ketajaman penglihatan dengan instrumen penelitian yaitu Snellen Chart yang data hasil pemeriksaan di analisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa ketajaman penglihatan anak SDN 1 Sumberejo dengan jumlah responden sebanyak 30 anak, hampir seluruhnya yaitu sejumlah 23 anak (77%) memiliki kriteria visus normal, dan sebagian kecil yaitu sejumlah 7 anak (23%) yang mengalami penambahan ukuran mata minus. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan penggunaan gadget dalam waktu lama selama pembelajaran daring. Sosialisasi tentang penggunaan gadget yang benar serta bahaya penggunaan gadget yang berlebihan dapat diberikan pada anak sejak usia dini, hal tersebut dilakukan agar agar tidak terjadi penurunan ketajaman penglihatan pada anak. ABSTRACT The impact of the spread of Covid-19 in Indonesia has made many schools and universities decide to use online learning methods using gadgets. This causes tired eyes, dry eyes, decreased visual acuity and even causes headaches. This study aims to determine the description of visual acuity in school-age children during online learning at SDN 1 Sumberrejo Bojonegoro. This study uses a quantitative approach with a descriptive research design. The population in this study were 4th grade students at SDN 1 Sumberrejo Bojonegoro using the total sampling method. This research was carried out on June 18, 2022 with the variable of visual acuity research using the research instrument, namely the Snellen Chart. The data from the examination results were analyzed using univariate analysis. The results of the above study concluded that the visual acuity of the children at SDN 1 Sumberejo with the number of respondents as many as 30 children, almost all of them, namely 23 children (77%) had normal vision criteria, and a small part, namely 7 children (23%) who had minus eye size increase. This can happen due to the use of gadgets for a long time during online learning. Socialization about the correct use of gadgets and the dangers of excessive use of gadgets can be given to children from an early age, this is done so that there is no decrease in visual acuity in children.

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorMashitah, Musthika WidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHastuti, Apriyani PujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ketajaman penglihatan, anak usia sekolah, pembelajaran daring; Visual acuity, school age children, online learning
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:22
Last Modified: 23 Aug 2023 03:49
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item