PENGENALAN DAN PELATIHAN MENILAI GAYA KOGNITIF GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SAAT PERKULIAHAN DARING DI MASA PANDEMI COVID -19

Koesrini, Juliati and Melina S, Sherlya Neo and Aliyah, Ita Darojatul (2021) PENGENALAN DAN PELATIHAN MENILAI GAYA KOGNITIF GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SAAT PERKULIAHAN DARING DI MASA PANDEMI COVID -19. Technical Report. ITSK RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6 DAN DAPUS.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penting dan sering dihadapi pada kegiatan pembelajaran bahwa terjadi ketidaksesuaian hasil belajar seperti tertuang dalam tujuan pembelajaran. Pemahaman karakter dari isi materi pelajaran, karakter siswa, dan juga proses pembelajaran adalah sebagai penentu keberhasilan dalam belajar. Suhardjono (2007) menyebutkan bahwa gaya kognitif sebagai salah satu karakter penting dari siswa dimana karakter ini harus diperhatikan. Keefe (1987) mengatakan tentang gaya kognitif yang merupakan bagian dari gaya belajar seseorang dan menunjukkan kebiasaan berperilaku relatif tetap dalam penerimaan, pemikiran, pemecahan suatu masalah serta dalam penyimpanan informasi. Tujuan kegiatan pengabdian adalah dengan melakukan pengenalan dan pelatihan menilai gaya kognitif guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa saat perkuliahan daring di masa pandemi covid -19. Pelatihan tentang gaya kognitif dilaksakan kepada mahasiswa TK II Prodi DIII Keperawatan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah mahasiswa 144 mahasiswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa masing-masing mahasiswa dapat mengenal dan menilai gaya kognitif mereka. Dengan mengetahui gaya kognitif maka mahasiwa akan mengetahui gaya belajar yang bagaimana untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan hasil pengabdian diatas gaya kognitif adalah salah satu factor yang melatarbelakangi keberhasilan belajar seseorang, sehingga perlu dilakukaan telaah tentang hal lain yang melatarbelakangi kesuksesan belajar mahasiswa agar didapatkan prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: gaya kognitif, mahasiswa
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 18 Mar 2022 09:17
Last Modified: 24 Aug 2023 00:55
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item