PERBANDINGAN REKOMENDASI KANDUNGAN GIZI MAKANAN BAGI GENERASI ALFA MENGGUNAKAN SIMULATED ANNEALING DAN VARIABLE NEIGHBORHOOD SEARCH

Rikatsih, Nindynar and Faurika, Faurika and Salsabila, Dhea Putri and Nurqotimah, Danis Rifa (2021) PERBANDINGAN REKOMENDASI KANDUNGAN GIZI MAKANAN BAGI GENERASI ALFA MENGGUNAKAN SIMULATED ANNEALING DAN VARIABLE NEIGHBORHOOD SEARCH. Technical Report. ITSK RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak luas pada seluruh aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali pada dunia pendidikan dan pelatihan keperawatan khususnya pelatihan Basic Life Support (BLS) (Jatira and Neviyarni, 2021). Dalam masa darurat pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran dan pelatihan tatap muka dibatasi dan diganti dengan metode online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran online pada kemampuan kognitif peserta pelatihan Basic Life Support (BLS). Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan Pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahapeserta didik keperawatan Institut Teknologi, Sains, Dan Kesehatan (ITSK) RS Dr. Soepraoen semester empat yang mengikuti pelatihan Basic Life Support (BLS) tahun 2021 yang berjumlah 207 peserta didik. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pemberian 4 materi kuliah BLS melalui metode daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Varibel dependennya adalah nilai pretest dan posttest dari kemampuan kognitif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 – 10 Juli 2021. Analisis data menggunkan Uji Wilcoxon dan didapatkan hasil p value= 0.000, artinya terdapat perbedaan bermakna antara skor pretest dan posttest kemampuan kognitif mahasiswa yang mengikuti pelatihan BLS. Hasil tersebut juga dapat diartikan bahwa pembelajaran secara online dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta pelatihan BLS.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Online (Daring), Pelatihan Basic Life Support (BLS)
Divisions: Informatics Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:16
Last Modified: 24 Aug 2023 01:07
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item