PENGEMBANGAN DASHBOARD DATA COVID UNTUK 11 RUMAH SAKIT LINGKUP KESDAM V/BRAWIJAYA

Anshori, Mochammad and Kusuma, Wahyu Teja and Puitra, Gama Mulana Activa and Syndast, Reival and Hariyanto, Wawan (2021) PENGEMBANGAN DASHBOARD DATA COVID UNTUK 11 RUMAH SAKIT LINGKUP KESDAM V/BRAWIJAYA. Technical Report. ITSK RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid menjadi salah satu fokus program kerja disetiap rumah sakit jajaran Kesdam V/Brawijaya. Terdapat 11 rumah sakit jajaran Kesdam V/Brawijaya yang tersebar diseluruh wilayah Jawa Timur, yaitu Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen, Rumah Sakit Tk. III Brawijaya, Rumah Sakit Tk. III Baladhika Husada, Rumah Sakit Tk. IV Madiun, Rumah Sakit Tk. IV Kediri, Rumah Sakit Bantuan Malang, Rumah Sakit Bantuan Lawang, Rumah Sakit Bantuan Sidoarjo, Rumah Sakit Umum Sakit Lainnya, dan Rumah Sakit Lapangan Indrapura. Dalam mengatasi permasalahan yang timbul akibat pandemi Covid, Kesdam V/Brawijaya dituntut untuk dapat mengambil kebijakan yang cepat dan tepat dengan tetap menjaga efisiensi penggunaan dana pada setiap rumah sakit jajaran. Namun, berdasarkan hasil wawancara dilapangan, data pasien Covid yang diperoleh dari jajaran dinilai tidak ideal untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pada setiap rumah sakit jajaran. Berdasarkan hasil wawancara dilapangan, yang menjadi masalah utama Kesdam V/Brawijaya adalah data pasien Covid yang tidak ideal. Tidak idealnya data pasien Covid diakibatkan oleh banyak faktor. 1) Area lingkup Kesdam V/Brawijaya cukup luas mengakibatkan waktu tunggu cukup lama. Menurut data terdapat 11 rumah sakit yang tersebar diseluruh wilayah Jawa Timur; 2) Data yang diperoleh dari rumah sakit jajaran tidak valid; 3) Data yang diperoleh dari rumah sakit jajaran tidak aktual; 4) Data yang diperoleh dari rumah sakit jajaran tidak terpusat; dan 5) Penyajian data tidak informatif. Berdasarkan kebutuhan dan permasalahan tersebut, maka solusi yang ditawarkan pada proposal ini adalah pengembangan aplikasi dashboard data Covid untuk 11 rumah sakit lingkup Kesdam V/Brawijaya. Pengembangan aplikasi dashboard data Covid ini penting untuk dilakukan, karena mampu menjamin tersedianya data yang standar, valid, aktual, dan terpusat. Selain itu aplikasi dashboard data Covid mampu menyajikan data dengan lebih informatif dan interaktif, sehingga menghasilkan data yang ideal sebagai dasar Kesdam V/Brawijaya dapat dengan cepat dan tepat dalam mengambil kebijakan dan melakukan efisiensi pendanaan pada setiap rumah sakit jajaranya.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Divisions: Informatics Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 24 Feb 2022 05:21
Last Modified: 24 Aug 2023 01:00
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item