KEPUASAN MAHASISWA PRODI AKUPUNKTUR ITSK RS DR. SOEPRAOEN KESDAM V/BRW MALANG TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DARING

Wulandari, Mayang and Mahadini, Chantika (2021) KEPUASAN MAHASISWA PRODI AKUPUNKTUR ITSK RS DR. SOEPRAOEN KESDAM V/BRW MALANG TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DARING. Technical Report. ITSK RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring merupakan keniscayaan dalam dunia pendidikan yang saat ini telah diterapkan pada semua lini untuk memutus rantai penularan virus Covid-19. Metode pembelajaran yang belum pernah dibayangkan dan direncanakan sebelumnya, namun karena situasi darurat demi keselamatan maka apapun dilakukan agar pendidikan bangsa tetap berlangsung dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Pembenahan dan inovasi mandiri terus dilakukan, kesiapan perangkat, kualitas jaringan, kuota internet, dan kesiapan sumber daya manusia untuk melaksanakan pembelajaran daring menjadi kebutuhan utama saat ini (Mustofa et.al, 2019). Setahun sudah sejak Pandemi Covid-19 terjadi di awal tahun 2020 silam tidak ada pembelajaran tatap muka di Prodi Akupunktur ITSK RS dr Soepraoen Malang, namun kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan rencana. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis Kepuasan Mahasiswa Prodi Akupunktur ITSK RS dr Soepraoen Kesdam V/ BRW Malang terhadap Metode Pembelajaran daring Penelitian yang digunakan adalah pendekatan analisis deskriptif kualitatif untuk mengolah data primer yang diperoleh. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akupunktur ITSK RS dr Soepraoen Kesdam V/ BRW Malang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner / google form yang diisi secara daring oleh mahasiswa. Analisis respon mahasiswa menggunakan Skala Guttman dengan harapan didapatkan jawaban yang tegas mengenai kepuasan tentang pembelajaran daring yang diisi oleh 231 mahasiswa berisi 9 pertanyaan dengan hasil 227 orang mengenal E learning, 230 orang bisa mengoperasikan E learning, 220 orang menjawab kuliah tetap menarik dengan E learning, 223 orang menjawab dengan E learning kuliah menjadi fleksibel, 202 orang menjawab hasil belajar bisa optimal dengan E learning, 222 orang menjawab dengan E learning masih bisa berkomunikasi dengan dosen, 216 orang merasa puas dengan E learning saat ini, 222 orang menjawab dengan E learning kuliah menjadi hemat biaya, dan 200 orang merasa lebih baik menggunakan E learning untuk perkuliahan selanjutnya. Bagi akademik, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi baru tentang Kepuasan Mahasiswa Prodi Akupunktur ITSK RS dr Soepraoen Kesdam V/ BRW Malang terhadap Metode Pembelajaran daring dan membuka kesempatan pengembangan keilmuan berkelanjutan melalui penelitian berikutnya tentang pembelajaran daring.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, mahasiswa akupunktur, metode pembelajaran daring
Divisions: Acupuncture Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:21
Last Modified: 24 Aug 2023 01:38
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item