GAMBARAN PENGETAHUAN GURU TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN DI SMP NEGERI 23 MALANG.

Yudha, Bhakti Andika (2018) GAMBARAN PENGETAHUAN GURU TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN DI SMP NEGERI 23 MALANG. Diploma (D3) thesis, Poltekkes RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kecelakaan dapat terjadi di mana saja seperti di rumah, perjalanan, tempat kerja, sekolah, dan tempat lainnya. Terjadinya kecelakaan di sekolah-sekolah seperti SMP sering terjadi saat kegiatan olahraga. Banyak siswa mengalami cedera saat istirahat dan melakukan kegiatan di luar kelas yang melibatkan kekuatan fisik berlebih yang dapat mengakibatkan luka memar, luka sayat, dan sampai patah tulang. Kegawatdaruratan di sekolah berupa penyakit bawaan dari lahir seperti asma dan maag serta kejadian disengat serangga dan keracunan makanan di sekolah yang membutuhkan pengetahuan tentang penanganan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan guru tentang pertolongan pertama pada kecelakaan di SMP. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya adalah guru di SMP Negeri 23 Malang dengan total sampling sebanyak 20 responden. Variabel dalam penelitian ini yakni: pengetahuan guru tentang kegawatdaruratan. Pengumpulan data menggunakan kusioner dan diolah melalui editing, coding, scoring, tabulating dan dianalisis menggunakan prosentase. Hasil pengetahuan guru tentang kecelakaan dari 20 responden didapatkan sebagian besar guru masuk dalam kategori kurang sebanyak 13 responden, kategori cukup sebanyak 7 responden, dan tidak ada responden yang masuk dengan kategori baik. Oleh sebab itu, guru perlu lebih aktif untuk mendapatkan pembelajaran dan pelatihan tentang pertolongan pertama serta menerapkannya saat terjadi kecelakaan di sekolah. Kata kunci : pengetahuan, kecelakaan di sekolah, guru ABSTRACT Accidents can occur anywhere such as at home, travel, work, school and other places. Accidents in schools such as junior high school often occur during sports activities. Many students experience injuries at rest and conduct outside class activities involving excessive physical strength which can result in bruises, cuts, and fractures. Emergency in schools in the form of congenital diseases such as asthma and ulcers and the incidence of stinging attacks The research design used in this study is descriptive. The population is a teacher in Malang 23 Public Middle School with a total sampling of 20 respondents. The variables in this study are: teacher's knowledge of emergencies. Data collection uses questionnaire and is processed through editing, coding, scoring, tabulating and analyzed using percentages. The teacher's knowledge of accidents from 20 respondents found that most of the teachers were in the less category as many as 13 respondents, enough categories were 7 respondents, and there were no respondents who entered the good category. Therefore, teachers need to be more active in getting learning and training about first aid and applying it when an accident occurs at school. Keywords: knowledge, accident at school, teacher

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDLenggono, Kumoro AstoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNurmayunita, HenyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, kecelakaan di sekolah, guru, knowledge, accident at school, teacher
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:50
Last Modified: 25 Aug 2023 05:53
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item