Ristanto, Riki (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN DOKTER KECIL PADA PENANGANAN LUKA TERBUKA. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5 (2). pp. 83-87. ISSN 2252-5637; E:2528-2603
|
Text
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Simulasi ....pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
Peer Review.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text
Uji Plagiasi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
The occurrence of open wounds often occurs in children in schools. The length of the process of healing open wounds is caused by one of the wrong handling by UKS officers (“dokter kecil”). The purpose of this study was to analyze the effect of health education with simulation methods on the knowledge and skills of dokter kecil in treating open wounds. This research is a Pre-Post Test Design Experiment. The population was all 20 small doctors in SDN 5 Bedali Lawang. The sampling method is total sampling. The independent variable was the provision of health education by simulation methods, the dependent variable was the score of knowledge and skills of dokter kecil in the management of open wounds. Based on the Wilcoxon Test results obtained each p value = 0,000, so that H0 is rejected, which means health education with simulation methods can increase the knowledge and skills of small doctors in handling open wounds. The use of simulation learning methods can improve the ability of participants to do social interaction and foster communicative relationships within the group. Student activities that are quite high in the learning process evoke feelings of direct involvement in learning, arouse imagination, improve critical thinking because the learning process requires students to be always active. Keywords : Health Education, Simulation, Open Wounds, Knowledge, Skills, Dokter Kecil Abstrak : Kejadian luka terbuka sering terjadi pada anak-anak di sekolah. Lamanya proses penyembuhan luka terbuka disebabkan karena salah satunya penanganan yang salah oleh petugas UKS (dokter kecil). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan ketrampilan dokter kecil pada penanganan luka terbuka. Penelitian ini merupakan Pre Eksperimen Pre-Post Test Design. Populasinya adalah semua dokter kecil di SDN 5 Bedali Lawang sebanyak 20 siswa. Metode samplingnya adalah total sampling. Variabel independennya adalah pemberian pendidikan kesehatan dengan metode simulasi, variabel dependennya adalah skor pengetahuan dan ketrampilan dokter kecil pada penanganan luka terbuka. Berdasarkan hasil Uji Wilcoxon didapatkan p value masing-masing yaitu = 0.000, sehingga H0 ditolak yang artinya pendidikan kesehatan dengan metode simulasi dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dokter kecil dalam penanganan luka terbuka. Penggunaan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan kemampuan peserta melakukan interaksi sosial dan membina hubungan komunikatif dalam kelompoknya. Aktivitas peserta didik yang cukup tinggi dalam proses pembelajaran membangkitkan perasaan keterlibatan langsung dalam pembelajaran, membangkitkan imajinasi, meningkatkan berfikir secara kritis karena proses pembelajaran menuntut peserta didik untuk selalu aktif. Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Simulasi, Luka Terbuka, Pengetahuan, Ketrampilan, Dokter Kecil
Item Type: | Article | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Health Education, Simulation, Open Wounds, Knowledge, Skills, Dokter Kecil; Pendidikan Kesehatan, Simulasi, Luka Terbuka, Pengetahuan, Ketrampilan, Dokter Kecil | ||||||||||||
Divisions: | Nursing Study Program | ||||||||||||
Depositing User: | Yacobus Sudaryono | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2020 03:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2023 02:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
View Item |