GAMBARAN PENGETAHUAN BULLYING PADA SISWA-SISWI KELAS XI DI SMK NU SUNAN AMPEL PONCOKUSUMO TUMPANG MALANG

Nisa, Diana Nadifatun (2019) GAMBARAN PENGETAHUAN BULLYING PADA SISWA-SISWI KELAS XI DI SMK NU SUNAN AMPEL PONCOKUSUMO TUMPANG MALANG. Diploma (D3) thesis, Poltekkes RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Nisa, Diana Nadifatun (2019). Gambaran Pengetahuan Bullying Pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tumpang Kabupaten Malang. Karya Tulis llmiah program studi Keperawatan Poltekkes RS Dr. Soepraoen Malang. Pembimbing I Ns. Heny Nurmayunita MMRS, Pembimbing II Ns. Nunung Ernawati M, Kep. Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok terhadap orang atau kelompok lain yang dilakukan secara berulang-ulang dengan cara menyakiti secara fisik maupun mental (Fahrudin, 2012). Bullying dapat terjadi pada semua tingkat usia, tetapi meningkat pada akhir sekolah dasar, berlanjut di sekolah menengah dan puncak berada di sekolah tinggi. Permasalahan yang sering dihadapi para remaja sekarang berhubungan dengan penolakan teman sebaya yaitu munculnya perilaku bullying yang merupakan bentuk khusus agresi dikalangan teman sebaya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif/prospektif. Populasi pada penelitian ini adalah 101 siswa-siswi kelas XI pada bulan Mei 2019. Teknik sampling menggunakan purposive samplingdengan jumlah responden sebanyak 33 siswa-siswi. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Dari hasil penelitian didapatkan pengetahuan responden tentang pengethauan bullyingadalah baik dengan jumlah 19 siswa (57,5%).Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh faktor lingkungan, faktor pendidikan, faktor sosial budaya, faktor ekonomi, dan faktor pengalaman. Diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang bullying dengan memanfaatkan media informasi seperti internet, leaflet, atau poster sehingga dapat mengurangi kejadian bullying. Kata kunci: pengetahuan dan bullying. ABSTRACT Bullying is the agresive behavior of a person or group toward another person or group and this behaviour is repeated over and over again and to hurt in mental and physical (Fahrudin,2012). Bullying may occur at all ages but often at primary school age goes on in high school and senior high school. The problem young people is be faced often today is peer refusal that is appearance of bullying behavior that has been a particularly violent from agresion among peers. The research used descriptive or prospektif design. The population in this research using 101 student in second grade of senior high school in 2019, may. Sampling technique using purposive sampling with the number of responden 33 students.the instrument using quisioner . In this result found that the repondents’ knowledge was mostly good is 19 student (57,5%). This may be influenced by environtmental factors of, social factors, cultural factors, economical factors, experience factors. Itis expected to increase knowledge about adolescent reproductive health by utilizing information media such as the internet,leaflets, or posters soastoavoid reproductive health problems. Key word: knowladge and bullying.

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorNurmayunita, Heny0725087701UNSPECIFIED
Thesis advisorErnawati, Nunung0715037603UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dan bullying; knowledge and bullying
Subjects: ?? BU ??
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:05
Last Modified: 25 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item